HALAL BIHALAL HANYA ADA DI INDONESIA DAN BANYAK MANFAATNYA

Oleh : Heru B Setyawan (Bidang Pendidikan DKM Masjid Masya Vila Mutiara Bogor)

HARI Raya Idul Fitri identik dengan tradisi halal bihalal. Tradisi ini menjadi momen spesial bagi umat Islam di Indonesia untuk saling bersilaturahmi dan bermaaf-maafan setelah sebulan penuh berpuasa ramadhan.

Berbeda dengan negara muslim lainnya, halal bihalal merupakan tradisi unik yang hanya ada di Indonesia. Ternyata tradisi halal bihalal itu hanya ada di Indonesia dan hebatnya lagi banyak manfaatnya bro. Sejarah halal bihalal adalah sebagai berikut.

Advertisement

Halal bihalal tidak hanya menjadi wujud dari silaturahmi tetapi juga sebagai sarana untuk bersyukur kepada Allah SWT setelah sebulan penuh berpuasa. Tradisi ini memiliki akar sejarah yang mendalam, berawal dari era Mangkunegara I dan dipopulerkan di Solo pada tahun 1930-an.

Tradisi halal bihalal sudah ada sejak masa Mangkunegara I, saat itu untuk menghemat waktu, tenaga, pikiran dan biaya, setelah salat Idul fitri, Pangeran Sambernyawa mengadakan pertemuan antara raja dengan para punggawa dan prajurit secara serentak di balai istana untuk bermaaf-maafan.

Baca Juga :  HARTA DAN JABATAN ADALAH REJEKI YANG TERENDAH

Halal bihalal semakin populer setelah dilakukan oleh Soekarno presiden pertama Republik Indonesia. Dikisahkan tepatnya pada 1948, kondisi politik Indonesia sedang tidak stabil.

Untuk menurunkan tensi ketegangan politik pada masa itu, Soekarno berdiskusi dengan Kiai Abdul Wahab tentang solusi yang tepat mengatasi ketegangan tersebut.

Kala itu, secara kebetulan sedang dalam bulan Ramadhan, sehingga dirumuskan sebuah solusi untuk meredam ketegangan antara golongan tersebut.

Soekarno kemudian mengumpulkan tokoh-tokoh politik yang bersitegang dalam suatu lokasi pada saat hari Lebaran. Kemudian, digelarlah acara sungkem bermaafan. Acara itu lalu diikuti lembaga-lembaga lain dan disebut sebagai halal bihalal.

Nah sudah terbukti hebat kan acara halal bihalal, karena dalam halal bihalal terdapat silaturahmi, sehingga bisa meredakan suhu politik yang panas pada waktu itu. Itulah salah satu manfaat dari adanya halal bihalal, manfaat yang lain sangat banyak sekali, yaitu:

Mendatangkan rida dan rahmat Allah SWT, diperluas rejekinya, diberi keberkahan umur, menciptakan kesan yang baik dan harmonis, menambah pahala, menjalin persaudaraan, menimbulkan kebersamaan dan kekompakan, menghilangkan sifat sombong serta egois dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  Jembatan Tak Layak Ancam Keselamatan Warga

Dan bacalah dengan penuh keimanan terjemahan dari Kitab Suci Al Qur’an Surat An-nisa ayat 1 yang berbunyi,”Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakanmu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya.

Dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak, serta bertakwalah kepada Allah yang dengan mempergunakan nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim.

Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.”
Semoga dengan adanya halal bihalal ini, bangsa Indonesia semakin maju, berkah dan selalu diridhoi oleh Allah, Aamiin. Jayalah Indonesiaku. ***

 

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================