Shin Tae-yong Optimis Timnas Indonesia Melenggang ke Olimpiade Paris 2024

Shin Tae-yong
Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong. Foto : bola.net

TIMETODAY.ID – Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong optimis bahwa Garuda Muda dapat berhasil melaju ke Olimpiade Paris 2024. Ini terjadi menjelang pertandingan semifinal Piala Asia U-23 2024 melawan Uzbekistan hari ini, Senin (29/4/2024).

Timnas Indonesia bisa memperoleh tiket Olimpiade dengan finis di posisi tiga besar dalam Piala Asia U-23 atau memenangi playoff antarkonfederasi melawan Guinea pada awal Mei mendatang.

“Saya mohon maaf karena sebenarnya saya tidak tahu tentang partisipasi Indonesia di Olimpiade sebelumnya. Saya dengar terakhir kali bermain di Olimpiade adalah di Melbourne, 68 tahun yang lalu. Namun, sekarang adalah saatnya bagi Indonesia untuk berpartisipasi di panggung Olimpiade,” kata Shin dalam konferensi pers sebelum pertandingan semifinal Piala Asia U-23.

Advertisement
Baca Juga :  Percasi Kabupaten Bogor Targetkan 7 Emas Pada Porprov XIV Jabar 2022

Shin Tae-yong merasa tidak tertekan. Dia menikmati momen tersebut bersama para pemain. “Kali ini saya akan membawa tim Indonesia ke panggung Olimpiade,” tegasnya.

Tentang pertandingan semifinal melawan Uzbekistan, Shin telah menyaksikan langsung kemenangan Uzbekistan 2-0 atas Arab Saudi pada Jumat (26/4/2024).

“Saya paham mengapa mereka bisa mencetak 12 gol tanpa kebobolan. Itu sangat penting. Transisi mereka dari serangan ke pertahanan dan sebaliknya sangat cepat. Mungkin itulah yang membuat Uzbekistan salah satu tim terkuat dalam kompetisi ini,” katanya.

Shin sebelumnya pernah melatih timnas Indonesia U-20 melawan Uzbekistan pada Piala Asia U-20 2023.

Kedua tim bermain imbang 0-0, tetapi Uzbekistan yang bermain di kandang melaju ke babak gugur, sementara Indonesia tersingkir. Uzbekistan kemudian menjadi juara Piala Asia U-20 tahun lalu.

Baca Juga :  Jadwal Piala Asia U-23 2024: Indonesia vs Australia

Meski pernah kalah dari Uzbekistan, Shin yakin dapat mempersiapkan timnya dengan baik dan meraih hasil yang lebih baik dalam pertandingan besok.

“Pribadi saya sebagai pelatih, saya belum pernah kalah dari Uzbekistan meski mereka tim yang bagus dengan pemain yang hebat. Saya memiliki kenangan baik dan perasaan positif. Kami membutuhkan semangat dan keberuntungan, dan saya akan mempersiapkan tim dengan baik,” ucapnya.

Pertandingan semifinal Piala Asia U-23 2024 antara Indonesia melawan Uzbekistan dimainkan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada pukul 21.00 WIB. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di  atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================