Menhub Budi Karya Minta Pemudik untuk Kembali pada 12-13 April 2024, Ini Alasannya  

Menhub Budi Karya
Ilustrasi. Foto : timetoday.id

TIMETODAY.ID Menhub Budi Karya Sumadi, menyarankan kepada pemudik untuk pulang pada hari Jumat (12/4/2024) atau Sabtu (13/4/2024) demi menghindari kemacetan saat arus balik.

“Jika memungkinkan, pulanglah besok atau Sabtu,” ujarnya di KM 70 Tol Jakarta-Cikampek (Japek), pada hari Kamis.

Menurutnya, arus balik pada kedua hari tersebut masih relatif sepi dan tidak akan menyebabkan kemacetan.

Advertisement

Puncak arus balik diperkirakan terjadi pada H+3 atau Minggu (14/4) dan H+4 atau Senin (15/4), yang akan menyebabkan peningkatan lalu lintas yang signifikan.

Baca Juga :  Adian Napitupulu dan Fadli Zon Sepakat Tuntaskan Sengketa Lahan di Sukamulya Bogor

Budi menyatakan bahwa pihak Kementerian Perhubungan bersama Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Jasa Marga, dan pihak terkait telah mempersiapkan langkah-langkah untuk menghindari kemacetan selama arus balik.

Dia juga menyoroti titik-titik rawan kemacetan, terutama di daerah Salatiga hingga Semarang, yang seringkali menjadi pusat kemacetan karena jumlah kendaraan yang besar dari berbagai daerah seperti Jogja, Surakarta, Ngawi, Madiun, Demak, dan sebagainya.

Sebelumnya, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol. Aan Suhanan, mengumumkan penurunan angka kecelakaan lalu lintas secara nasional selama arus mudik Lebaran 2024, sebesar 12 persen dari tanggal 4 April hingga hari-H, 10 April.

Baca Juga :  Ade Ruhandi Akui Telah Mengantongi 10 Nama Untuk Mendampinginya di Pilkada 2024

Ada penurunan dalam jumlah kecelakaan lalu lintas dan jumlah kematian akibat kecelakaan, sementara korban luka berat mengalami peningkatan dan korban luka ringan mengalami penurunan. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================