Bernostalgia dengan Jajanan Tempo Dulu di Bogor

jajanan tempo dulu
Pengunjung memilih jajanan tempo dulu di Booth Soenda Oenik Plaza Ekalokasari, Bogor, Jawa Barat. Foto : timetoday.id

TIMETODAY.ID – Jika kamu ingin bernostalgia dan menikmati makanan atau jajanan tempo dulu, kamu dapat mengunjungi Festival Kuah Nusantara di Plaza Ekalokasari Bogor, Jawa Barat.

Di booth Sunda Unik (Jajanan Jaman Baheula), kamu akan terkesan karena akan menemukan berbagai macam jajanan tempo dulu yang pernah populer dan menjadi tren pada masanya.

Dede Lukman, pemilik Sunda Unik, memiliki dua tujuan dalam membuat booth ini. Tujuan pertama adalah melestarikan jajanan tradisional yang telah diciptakan oleh nenek moyang, agar tidak punah terlupakan oleh zaman.

Advertisement

Sedangkan tujuan keduanya adalah memperkenalkan makanan tradisional ini kepada generasi muda agar mereka mengenal berbagai jajanan tersebut.

“Yang paling diminati oleh anak-anak adalah permen karet kotak atau permen karet buah. Jajanan ini cocok untuk semua kalangan, dari anak-anak hingga dewasa, bahkan lansia,” jelasnya.

Baca Juga :  Belantara Foundation Sosialisasikan Forest Restoration Project: SDGs Together

Best seller dari jajanan ini adalah Sagon Mayang, yang memiliki ciri khas saat dimakan harus dilakukan tanpa berbicara agar sagon tidak menyembur. Jajanan lain yang populer termasuk Gulali Kacang, Permen Rokok, dan Kuaci.

Dede menceritakan bahwa ide mendirikan Sunda Unik muncul setelah melihat counter khusus jajanan tradisional di Meksiko dan miniatur pasar tradisional di Bali. Dengan latar belakang sebagai sarjana Sastra Jerman, Dede merasa puas setelah memulai Sunda Unik pada 2006, mengundurkan diri dari pekerjaan sebelumnya di bidang perhotelan.

Saat ini, Sunda Unik mengumpulkan camilan yang telah lama tidak terlihat dan mencoba mengangkat kembali camilan yang tidak terkenal.

Meskipun sebelumnya Sunda Unik pernah membuka toko di dua mal di Bandung, kini mereka memilih pemasaran melalui event, merasa bahwa sistem ini lebih efektif dalam menjangkau pangsa pasar baru.

Baca Juga :  Sejarah Singkat Hari Penyiaran Nasional yang Diperingati 1 April 2024

Dengan upaya ini, Sunda Unik berharap camilan tradisional Indonesia tetap dikenal dan tidak hilang ditelan zaman atau tersaingi oleh produk luar negeri. Kang Dede percaya bahwa camilan tradisional Indonesia memiliki keunikan, cita rasa tinggi, dan daya tarik yang tidak kalah dengan produk luar negeri.

Dede menjual jajanan ini dengan harga terjangkau, mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 25.000. Jadi, apakah Anda tertarik untuk bernostalgia dan mengenang zaman dahulu dengan menikmati jajanan tempo dulu? ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp TIMETODAY WA CHANNEL

=========================================================