Cari Kucing, Warga Blitar Malah Temukan Granat Aktif

granat aktif
Petugas Jihandak Jibom Brimob Polda Jatim mengamankan sebuah benda mirip granat dari atap rumah warga Jalan Kalasan 23 RT 2 RW 10 Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur, Senin 8 Januari 2024. (Humas Polres Blitar Kota/Istimewa)

TIMETODAY.ID –  Warga di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur, dikejutkan oleh penemuan granat aktif di atap rumah almarhum purnawirawan TNI Angkatan Laut Lettu Soebai di Jalan Kalasan Nomor 23 RT 2 RW 10 Kelurahan Bendogerit.

Penemuan granat aktif tersebut kali pertama oleh Yunita Envrensiana (38), putri dari almarhum, ketika mencoba menyelamatkan kucing yang terjebak di atap rumahnya.

Meansir beritasatu.com, Kapolsek Sananwetan, AKP Agus Tri, menjelaskan bahwa setelah menerima laporan mengenai objek yang mirip granat, pihaknya berkoordinasi dengan Polresta Blitar Kota dan kemudian melibatkan tim penjinak bom.

Advertisement
Baca Juga :  RSUD Leuwiliang Berikan Edukasi Spirit Sejalan

Agus Tri menyatakan bahwa kejadian tersebut bermula dari upaya mencari anak kucing yang terdengar di atas plafon salah satu kamar.

“Setelah mencari, ternyata ditemukan benda yang mirip granat,” ujarnya kepada wartawan

Setelah menerima laporan dari pemilik rumah, polisi segera mendatangi lokasi bersama tim Gegana Brimob Polda Jatim untuk mengambil granat tersebut.

“Benda sudah diamankan, tetapi apakah itu benar granat atau tidak, akan ditentukan setelah dilakukan disposisi atau pemeriksaan lebih lanjut oleh ahli,” tambahnya.

Setelah dievakuasi, granat tersebut kemudian diperiksa di lantai, dibungkus dengan kain, dan dimasukkan ke dalam tas.

Baca Juga :  Cek Rute Pawai Budaya Hari Jadi Bogor yang Bakal Digelar Minggu 2 Juni 2024

“Rumah sudah dalam kondisi steril, dan selanjutnya police line kami buka serta diserahkan kembali kepada pemilik rumah,” ungkap Agus.

Pemilik rumah, yang merupakan salah satu anak perempuan dari almarhum Soebadini, menyatakan bahwa ayahnya pensiun pada tahun 1985 dan meninggal dunia pada tahun 2011. Rumah tersebut diwariskan kepadanya, dan dialah yang menemukan granat tersebut. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp TIMETODAY WA CHANNEL

=========================================================