Polisi Ingatkan Pengendara Cek Informasi Jadwal Rekayasa Arus Lalin saat Libur Nataru

rekayasa lalin
Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor berencana menutup akses Jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat saat malam pergantian Tahun Baru 2024. Foto : Mutia/bogor-today.com

TIMETODAY.ID – Polisi telah menerapkan sejumlah strategi rekayasa arus lalin (lalu lintas) untuk menghindari kemacetan selama libur Natal 2023 dan tahun baru 2024 di Jalan Raya Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Dalam konteks ini, polisi mengingatkan para pengendara yang melewati Kawasan Puncak, Bogor, untuk selalu mengupdate informasi terkait jadwal rekayasa arus lalin.

“Kami menerapkan aturan ganjil-genap mulai dari kemarin hingga Selasa mendatang selama liburan Natal. Dan aturan serupa akan diberlakukan pula saat perayaan tahun baru 2024. Adopsi sistem one way akan tergantung pada situasi dan volume kendaraan,” ungkap Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro kepada wartawan, Sabtu 23 Desember 2023.

Advertisement

Rio menyatakan bahwa Kawasan Puncak menjadi tujuan wisata populer bagi warga Jabodetabek, oleh karena itu, perlu adanya perhatian lebih agar pengguna jalan merasa nyaman di Kawasan Puncak.

Baca Juga :  JA Yakin Pj Bupati Bogor Mampu Entaskan Polemik Jalur Tambang Parungpanjang

“Puncak memang menjadi destinasi wisata favorit warga Jabodetabek. Juga berfungsi sebagai jalur utama menuju Cianjur dan Bandung untuk para pemudik,” tambahnya.

“Dalam rangka memastikan kelancaran lalu lintas, kami akan menempatkan anggota polisi di sepanjang jalur tersebut,” tambahnya.

Rio berharap agar para pengemudi memperhatikan jadwal keberangkatan karena aturan ganjil-genap akan diterapkan sesuai tanggal pada liburan tersebut. Dia menekankan bahwa pengemudi yang tidak sesuai dengan tanggal pada plat nomor kendaraan mereka dapat diminta untuk putar balik.

“Pertama-tama, kami mengingatkan para pengendara untuk memperhatikan waktu keberangkatan. Jika nomor pelat kendaraan tidak sesuai dengan tanggal, akan dikenakan sanksi berupa pembalikan arah,” ucapnya.

Baca Juga :  Sopir Truk Tambang yang Menewaskan Ibu-Anak di Parung Panjang Meyerahkan Diri

Selain itu, Rio juga mengajak para pengemudi untuk memastikan kendaraan mereka berada dalam kondisi baik, sehingga tidak akan mogok di sepanjang perjalanan dan menyebabkan kepadatan lalu lintas.

“Kami juga menyarankan agar pengendara memastikan kondisi kendaraannya prima, sehingga tidak terjadi mogok di Kawasan Puncak. Hal ini dapat menghindari terjadinya kepadatan lalu lintas. Kami juga menghimbau agar para pengendara mematuhi arahan petugas di lapangan,” tuntasnya. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

=========================================================