Lokasi, Jam Operasional dan Harga Tiket Wisata Gunung Grigak Yogyakarta

Gunung Grigak
Lokasi, Jam Operasional dan Harga Tiket Wisata Gunung Grigak Yogyakarta. Foto : Istimewa.

TIMETODAY.ID – Jika sedang berlibur di Kota Yogyakarta, pilihan untuk menikmati keindahan alam bisa disalurkan melalui kegiatan mendaki gunung.

Terdapat beberapa lokasi gunung yang menawarkan pemandangan menakjubkan, salah satunya adalah Gunung Grigak yang mempersembahkan keindahan matahari terbit.

Gunung Grigak baru-baru ini diresmikan sebagai destinasi wisata oleh Bupati Gunungkidul Sunaryanta pada April 2023.

Advertisement

Saat berkunjung ke Gunung Grigak, wisatawan seringkali menikmati alam dengan mendirikan tenda, sambil menikmati panorama alam yang memukau.

Lokasi Gunung Grigak

Lokasi Gunung Grigak terletak di Semoyo, Kepanewon atau Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Gunung ini berada pada ketinggian sekitar 250 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan memberikan pemandangan terbuka ke arah timur.

Baca Juga :  Bahan dan Cara Membuat Lontong Cap Go Meh

Di pagi hari yang cerah, pengunjung dapat menikmati keindahan matahari terbit dengan jelas. Jarak menuju Gunung Grigak sekitar 26 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta, dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

Jam operasional Gunung Grigak

Jam operasional Gunung Grigak adalah setiap hari dari jam 05:00 WIB hingga 18:00 WIB. Waktu terbaik untuk mengunjungi Gunung Grigak adalah pagi hari saat cuaca cerah.

Pada puncaknya, wisatawan seringkali mengabadikan momen dengan latar belakang dataran rendah dan bukit-bukit kecil yang terselimuti kabut.

Baca Juga :  Resep Es Pisang Ijo, Pas untuk Berbuka Plus Dijadikan Ide Jualan

Gunung Grigak dapat menjadi pilihan yang tepat bagi pendaki pemula karena jalur pendakiannya tidak terlalu tinggi, meskipun perlu berhati-hati terhadap akses perjalanannya yang cukup terjal.

Harga Tiket Gunung Grigak

Untuk masuk ke Gunung Grigak, pengunjung hanya perlu membayar Rp3.000 per orang. Selain itu, ada tarif parkir untuk sepeda motor sebesar Rp2.000 dan mobil sebesar Rp5.000.

Bagi yang ingin berkemah, harga tiketnya adalah Rp15.000 per orang, dengan syarat bahwa wisatawan membawa perlengkapan sendiri. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

=========================================================