Cuan Ternak Sugar Glider Untungnya Mencapai Jutaan Rupiah, Bikin Ngiler!

sugar glider
Muhammad Rizki, pria berusia 25 tahun asal Desa Gunung Sari, Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sukses menghasilkan keuntungan besar dari budidaya Sugar Glider. Foto : Andres/narasitoday.com.

TIMETODAY.ID – Saat ini, budidaya sugar glider tengah populer di masyarakat, bahkan omset yang didapatnya pun bikin ngiler hingga jutaan rupiah berkat variasi genetiknya yang menarik.

Seperti Muhammad Rizki, pria berusia 25 tahun asal Desa Gunung Sari, Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sukses menghasilkan keuntungan besar dari budidaya Sugar Glider. Tak tanggung-tanggung, penjualannya pun hingga mancanegara.

Rizki berkisah,  bahwa bisnis ini dimulai dari hobinya ketika dia masih bersekolah di SMP sekitar tahun 2012. Sekarang, hobinya telah menghasilkan keuntungan besar bagi Rizki.

Advertisement

“Awalnya saya hanya memiliki hobi ketika masih SMP sekitar tahun 2012,” ujar Rizki kepada timetoday.id pada Rabu (8/5/2024).

Baca Juga :  Musim Haji, Arab Saudi Buka Lowongan Kerja, Cek Cara Melamarnya

Menurutnya, budidaya Sugar Glider tidak begitu sulit dan tidak memerlukan ruang yang besar. Saat ini, Rizki hanya menggunakan halaman rumahnya untuk membiakkan hewan tersebut.

“Prosesnya tidak terlalu sulit, yang penting adalah memiliki minat atau kecintaan pada hewan tersebut, sehingga kita bisa berinteraksi dan membersihkannya secara rutin,” katanya.

Harga Sugar Glider bervariasi, mulai dari 350 ribu hingga puluhan juta rupiah. Rizki menjual lebih dari satu ekor per hari melalui penjualan online dan pameran.

Baca Juga :  15 Ucapan Ramadan 2024 untuk Orang Terdekat, Simple Namun Penuh Makna

Saat ini, Rizki memiliki jenis Sugar Glider langka seperti caramel albino dan caramel mozaik, yang relatif baru di pasaran.

Dia menjelaskan bahwa Sugar Glider membutuhkan makanan yang cukup banyak, misalnya 10 kilogram buah pir per hari, ditambah dengan campuran bubur bayi yang dicampur dengan ayam.

“Jika Anda memiliki hobi, tekunilah, suatu saat pasti akan menghasilkan,” pesan Rizki saat menutup wawancaranya. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================