Cuma 3 Jam dari Bogor, Bisa Manjat Curug Cikondang Pakai Tali

Curug Cikondang
Curug Cikondang

TIMETODAY.ID – Sekitar tiga jam perjalanan dari kota Bogor, terdapat destinasi wisata alam yang populer di Cianjur yaitu air terjun atau Curug Cikondang.

Air terjun ini tidak hanya menyajikan pemandangan alam yang memukau, tetapi juga menawarkan berbagai aktivitas menarik bagi seluruh anggota keluarga.

Karena keindahannya, Curug Cikondang yang mudah dijangkau dari Bogor ini sering disebut sebagai Mini Niagara Falls ala Kanada.

Advertisement

Julukan ini tidak tanpa alasan; mulut air terjun Cikondang sangat lebar, mencapai 30 meter dengan tinggi sekitar 50 meter. Ukuran yang besar ini membuatnya terlihat seperti tirai air raksasa yang mengalir deras.

Curug Cikondang, yang namanya berarti “air terjun terkenal”, mendapat sebutan tersebut karena adanya mitos bahwa orang yang mandi di air terjun ini akan menjadi kondang atau terkenal.

Beberapa tahun yang lalu, Curug Cikondang belum banyak dikenal wisatawan. Namun, seiring waktu, jumlah pengunjung semakin meningkat.

Daya tarik utama Curug Cikondang adalah bentuk dan ukurannya yang unik. Berbeda dengan kebanyakan air terjun di Indonesia yang memiliki mulut sempit sesuai dengan lebar sungainya, Curug Cikondang menerima aliran air dari sungai yang melebar pada bagian mulut air terjun, menciptakan pemandangan yang spektakuler.

Baca Juga :  Rekomendasi Tempat Makan Nasi Goreng Terenak di Bogor, Ada yang Sudah Berdiri Sejak 1963

Tebing air terjun yang bertingkat serta tumbuhan hijau di sekitarnya menambah keindahan tempat ini.

Di Curug Cikondang, berbagai aktivitas menarik bisa dilakukan. Salah satu yang paling populer adalah canyoning, yaitu menuruni air terjun dengan menggunakan tali.

Meskipun terdengar menantang, kegiatan ini aman karena dipandu oleh instruktur terlatih dan menggunakan peralatan berkualitas sesuai standar keselamatan.

Selain itu, berfoto dengan latar belakang air terjun yang megah juga menjadi aktivitas favorit pengunjung.

Namun, perlu diingat bahwa air terjun ini cenderung keruh saat musim hujan dan lebih jernih di musim kemarau, sehingga disarankan untuk berkunjung di musim kemarau agar hasil foto lebih maksimal.

Tidak jauh dari area air terjun, terdapat tempat berkemah yang menawarkan pengalaman berbeda dari biasanya.

Berkemah di dekat air terjun memberikan sensasi tersendiri dibandingkan berkemah di lereng gunung atau tepi danau.

Meskipun area berkemah tidak terlalu luas, suasana alami dan suara gemuruh air terjun membuat pengalaman ini sangat berkesan.

Baca Juga :  Nicole's River Park, Wisata Keluarga di Bogor yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Lebaran

Wisatawan juga bisa berenang di kolam air terjun yang menyegarkan, tetapi harus berhati-hati karena arus air yang cukup deras.

Fasilitas di kawasan wisata Curug Cikondang tergolong sederhana, namun cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan wisatawan.

Fasilitas yang tersedia antara lain toilet, warung makan, gazebo, area parkir, dan spot foto. Akses jalan setapak dan jalan utama menuju Curug juga dalam kondisi baik, memudahkan wisatawan mencapai lokasi.

Curug Cikondang merupakan objek wisata alam yang dekat dari Bogor dan wajib dikunjungi saat berada di Cianjur.

Dengan keindahan air terjun yang lebar dan tinggi, tempat ini menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap pengunjung.

Untuk mendapatkan pengalaman wisata terbaik, disarankan mengunjungi Curug Cikondang saat musim kemarau. Jadi, rencanakan perjalanan Anda dan nikmati keindahan Curug Cikondang bersama keluarga tercinta. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================