Stop Konsumsi Makanan dan Minuman Ini saat Cuaca Panas, Cek Daftarnya!

cuaca panas
Ilustrasi/freepik.com

TIMETODAY.ID – Beberapa negara di Asia Tenggara saat ini sedang mengalami cuaca panas atau gelombang panas. Untuk menjaga tubuh tetap bugar dan terhidrasi selama cuaca panas ini, penting untuk memperhatikan pola makan yang seimbang.

Tidak semua jenis makanan atau minuman cocok untuk dikonsumsi saat cuaca panas. Beberapa di antaranya dapat memperburuk dehidrasi dan meningkatkan risiko penyakit.

Ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dikonsumsi saat cuaca panas, dan ada pula yang sebaiknya dihindari.

Advertisement
  1. Kopi

Kopi mengandung kafein yang bersifat diuretik, meningkatkan produksi urine dan berpotensi memperburuk dehidrasi. Konsumsi kopi saat cuaca panas dapat meningkatkan risiko dehidrasi karena tubuh sudah kehilangan banyak cairan melalui keringat.

  1. Alkohol

Alkohol juga memiliki efek diuretik dan dapat meningkatkan suhu tubuh. Mengonsumsi alkohol saat cuaca panas dapat memperburuk dehidrasi karena tubuh kehilangan lebih banyak cairan melalui keringat. Lebih baik menghindari alkohol dan beralih ke minuman yang lebih menghidrasi seperti air putih atau air kelapa.

  1. Teh
Baca Juga :  Manfaat Zat Hijau Daun Untuk Kesehatan

Teh juga mengandung kafein yang bersifat diuretik, yang dapat meningkatkan risiko dehidrasi saat cuaca panas. Meskipun menyegarkan, teh dapat membuat tubuh kehilangan lebih banyak cairan.

  1. Cokelat

Cokelat mengandung kafein dan teobromin, dua senyawa yang bersifat diuretik. Meskipun mengandung sedikit air, konsumsi cokelat saat cuaca panas sebaiknya dihindari atau dikurangi untuk menghindari dehidrasi.

Di sisi lain, ada beberapa makanan dan minuman yang sangat dianjurkan saat cuaca panas:

  1. Air Kelapa

Air kelapa muda adalah minuman yang sangat direkomendasikan saat cuaca panas karena mengandung banyak air dan elektrolit yang membantu menghidrasi tubuh.

  1. Alpukat
Baca Juga :  BMKG Beberkan Pemicu Cuaca Panas di Indonesia

Alpukat mengandung air yang membantu menghidrasi tubuh serta lemak sehat yang baik untuk kesehatan jantung.

  1. Ikan

Ikan adalah pilihan lauk yang baik saat cuaca panas karena kaya akan asam lemak sehat yang baik untuk jantung.

  1. Timun

Timun mengandung banyak air dan elektrolit, serta memiliki efek pendingin alami yang cocok dikonsumsi saat cuaca panas untuk mencegah dehidrasi.

Demikianlah beberapa tips mengenai makanan dan minuman yang sebaiknya dipilih atau dihindari saat cuaca panas untuk menjaga tubuh tetap sehat dan terhidrasi. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================