Ridwan Kamil Gelar Acara Jabar Stunting Summit Tahun 2022  

STUNTING
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kami.

TIMETODAY.ID, BANDUNG –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menghadiri kegiatan Jabar Stunting Summit tahun 2022, yang digelar di Aula Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (14/12/2022).

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa berkaitan dengan masalah kesehatan merupakan tanggung jawab semua pihak termasuk masalah stunting karena masalah kesehatan akan berdampak terhadap peradaban.

“Untuk itu kami minta kepada seluruh Kepala Daerah untuk berkomitmen melakukan tanggungjawab menangani permasalahan kesehatan stunting,” ungkap Ridwan Kamil.

Advertisement

Gubernur Jabar menyatakan, kegiatan Jabar Stunting Summit tahun 2022, merupakan upaya pemerintah dalam memberikan penghargaan dan apresiasi terhadap pemerintah yang senantiasa berkomitmen dan berinovasi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penanganan dan penurunan angka stunting di Jawa Barat.

Baca Juga :  Terduga Pelaku Pengeroyokan Ade Armando Ditangkap, Salah Satunya Warga Bogor

“Jika masalah kesehatan atau stunting dibiarkan hal itu akan menambah beban negara, jika masyarakatnya tidak sehat. Upaya pemberantasan stunting melalui inovasi baru harus dioptimalkan, agar anak-anak kita terjaga dan tumbuh,” tegas Ridwan Kamil.

Sementara itu, Menkes RI, Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, stunting berdampak signifikan terhadap rendahnya intelektual masyarakat. Beberapa program yang dilakukan antara lain, pemenuhan kadar gizi, edukasi massif kepada masyarakat terutama ibu hamil dan yang memiliki bayi dan balita, dan lainnya.

Baca Juga :  Erick Thohir Tournament MLBB 2022 Suksea Digelar

“Pencegahan stunting sangat penting, untuk menentukan baik kesehatan masyarakat juga negara kita. Menjaga agar tidak stunting, kita harus melakukan intervensi ke ibunya, si balita, remaja sampai sebelum menikah, diukur jangan sampai anemia, jangan sampai stunting,” imbuhnya. (*)

=========================================================