Bau Bunga Bangkai Gegerkan Warga Ciampea

TIMETODAY.ID, BOGOR | Bunga bangkai berjenis Amorphophallus Paeonifolius ditemukan tumbuh di pelataran rumah seorang warga di Kampung Pabuaran Kulon RT 02 RW 05, Desa Cibanteng, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor.

Bunga langka dengan tinggi sekitar 35 sentimeter dan lebar mekaran kelopak 40 sentimeter itu tumbuh di halaman rumah yang ditinggal pemiliknya saat mudik idul fitri.

Acah (57) warga Kampung Pabuaran Kulon, mengatakan bahwa bunga bangkai tersebut ditemukan sejak empat hari lalu. Awalnya tercium aroma busuk seperti bangkai, setelah ditelusuri ternyata ada bunga bangkai mekar di samping rumahnya.

Advertisement
Baca Juga :  Jelang PTM, Guru SD di Tamansari Digembleng KTSP

“Awalnya masih kuncup, belum mekar seperti sekarang. Kalau sekarang mulai hilang baunya, karena panas dan mengering,” kata dia saat ditemui di rumahnya, Rabu (25/8/2021).

Baca Juga :  Pemkab Bogor Minta Posyandu "Tekan" Angka Stunting

Kata Acah, munculnya bunga bangkai bukan kali pertama di kampung tersebut. Bahkan empat tahun terakhir bunga yang sebelumnya itu tumbuh ditempat berbeda dengan jarak sekitar dua meter.

Baca Juga :  Usai Membeli Rokok, Warga Bogor Diringkus Polres Sumedang

“Iya, udah empar tahun baru muncul lagi dan ini yang kedua kali.” ujarnya.

Baca Juga :  Rp 3,6 Miliar Dibangunkan Pasar Rakyat Klapanunggal, Tapi Sepi Peminat

Penemuan bunga bangkai itu sontak menarik perhatian warga Pabuaran Kulon. Setelah banyak warga yang mengunggahnya ke status Whatsapp.

Tanaman yang masih satu keluarga dengan bunga bangkai raksasa ini memiliki kelopak berwarna ungu dengan batang yang sidikit berwarna kehijauan dan bintik putih. (adt)

=========================================================