Hari Ini Presiden Jokowi Tinjau Pelaksanaan Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Bogor

Presiden Jokowi
Foto : https://p2ptm.kemkes.go.id/

TIMETODAY.ID –  Presiden Jokowi direncakan bakal meninjau pelaksanaan pengukuran dan intervensi serentak pencegahan stunting tahun 2024 di Bogor, Jawa Barat, Selasa (11/6/2024). Kabar tersebut diunggah di group whatsapp Pemkot Bogor.

“Pukul 06:00 WIB, Pj Wali Kota Bogor dan Sekda menerima kunjungan Presiden meninjau pelaksanaan pengukuran dan intervensi serentak pencegahan stunting tahun 2024. Lokasi Kelurahan Kebon Pedes, Tanah Sareal,” demikian bunyi informasi tersebut.

Sementara, mengutip akun instagram @kemenko_pmk, kegiatan pengukuran dan intervensi dilakukan secara serentak di 38 provinsi di Indonesia.

Advertisement

Data yang diperoleh dari kegiatan ini akan sangat akurat karena mencakup detail by name by address, yang kemudian akan digunakan sebagai dasar untuk memberikan intervensi program yang lebih tepat dan terarah.

Baca Juga :  Riuh Soal Iuran Tapera, Apa itu Tapera dan Tujuannya dan Bisakah Dana Tapera Ditarik Tunai?

“Bulan ini kita harapkan di seluruh Indonesia, semua kader posyandu, pendamping keluarga, dan seluruh perangkat desa hingga kecamatan dan kabupaten/kota serta provinsi bergerak bersama untuk melakukan pengukuran dan penimbangan secara nasional. Selain itu, mereka juga bertugas mengawasi dan memastikan semuanya berjalan dengan baik,” kata Menko PMK Muhadjir Effendy, dikutip timetoday.id, Selasa (11/6/2024).

Muhadjir, yang mengoordinasikan Kementerian/Lembaga terkait, melakukan berbagai upaya untuk mempercepat penurunan angka stunting, termasuk pelaksanaan Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan stunting guna mencegah lahirnya kasus stunting baru.

Baca Juga :  Berikut Jadwal Dokter di RSUD Leuwiliang Periode Januari 2024

Pengukuran dan intervensi serentak ini juga bertujuan untuk meningkatkan kunjungan dan cakupan ibu hamil dan balita ke posyandu, mendeteksi masalah gizi, serta memberikan edukasi pencegahan stunting kepada mereka yang mengalami masalah gizi. Secara strategis, telah dirumuskan 10 langkah pasti dalam pelaksanaan intervensi serentak ini. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================