Jokowi dan Iriana Susuri Gang Sempit di Bogor, Tinjau Upaya Pencegahan Stunting

Jokowi dan Iriana
Presiden Jokowi bersama Iriana melakukan kunjungan kerja ke Kelurahan Kebon Pedes, Bogor, Jawa Barat untuk meninjau pelaksanaan pengukuran dan intervensi serentak dalam rangka pencegahan stunting tahun 2024, Selasa (11/6/2024).

TIMETODAY.ID – Presiden Jokowi dan Iriana melakukan kunjungan kerja ke Kelurahan Kebon Pedes, Bogor, Jawa Barat untuk meninjau pelaksanaan pengukuran dan intervensi serentak dalam rangka pencegahan stunting tahun 2024, Selasa (11/6/2024).

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menurunkan angka stunting di Indonesia, yang menjadi salah satu prioritas nasional dalam bidang kesehatan.

Dalam kunjungannya, Presiden Jokowi didampingi oleh Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan Menko PMK Muhadjir Effendi.

Advertisement

Mereka menyaksikan langsung proses pengukuran tinggi badan dan berat badan anak-anak di wilayah tersebut, serta distribusi makanan bergizi dan suplemen bagi ibu hamil dan anak-anak.

Presiden Jokowi menyampaikan pentingnya sinergi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat dalam upaya pencegahan stunting.

Baca Juga :  Sambangi RSUD Leuwiliang, Pj Bupati Bogor Kagum Pelayanan Rumah Sakit Yang Dipimpin Dokter Vitrie

“Stunting adalah masalah serius yang dapat mempengaruhi masa depan generasi kita. Oleh karena itu, intervensi harus dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan,” ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menekankan perlunya edukasi yang lebih intensif kepada masyarakat mengenai pentingnya gizi seimbang dan pola hidup sehat.

“Pencegahan stunting bukan hanya tugas pemerintah, tetapi juga tanggung jawab bersama seluruh lapisan masyarakat. Kita harus memastikan bahwa anak-anak kita mendapatkan asupan gizi yang cukup sejak dalam kandungan hingga masa pertumbuhan,” tambahnya.

Kegiatan pengukuran dan intervensi serentak ini melibatkan tenaga kesehatan dari berbagai puskesmas dan rumah sakit di Bogor. Mereka bekerja sama dengan kader posyandu dan relawan setempat untuk menjangkau seluruh anak dan ibu hamil di Kelurahan Kebon Pedes.

Hasil pengukuran akan digunakan sebagai data dasar untuk menentukan langkah-langkah intervensi selanjutnya.

Baca Juga :  Pj Wali Kota Targetkan Penurunan Angka Stunting di Kota Bogor

Sementara itu, Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin menjelaskan bahwa program ini merupakan bagian dari Gerakan Nasional Pencegahan Stunting yang telah dicanangkan oleh pemerintah sejak beberapa tahun lalu.

“Kami terus berupaya memperluas cakupan intervensi dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, terutama di daerah-daerah yang memiliki prevalensi stunting tinggi,” ujarnya.

Kunjungan Presiden Jokowi ini diharapkan dapat memberikan dorongan semangat dan motivasi bagi semua pihak yang terlibat dalam upaya pencegahan stunting.

Pemerintah berkomitmen untuk terus memperkuat program-program kesehatan yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup anak-anak Indonesia dan memastikan mereka tumbuh kembang dengan optimal. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================