5 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Rambut, Salah Satunya Mengurangi Uban

kopi
Ilustrasi/freepik.com

TIMETODAY.ID – Apakah Anda termasuk penggemar kopi yang tidak dapat melewatkan hari tanpa secangkir kopi?

Nah, tahukah Anda bahwa selain nikmat diminum, kopi juga memiliki manfaat untuk kesehatan rambut.

Seperti yang dilaporkan oleh Halodoc, kandungan kafein dalam kopi hitam dapat merangsang pertumbuhan folikel rambut manusia.

Advertisement

Ini tentu sangat berguna bagi mereka yang menghadapi berbagai masalah rambut. Sungguh menarik, bukan?

Untuk informasi lebih lanjut tentang manfaat kopi untuk kesehatan rambut, Anda dapat membaca artikel ini sampai selesai. Siapa tahu, Anda akan tertarik untuk mencoba mencuci rambut dengan kopi setelah ini.

  1. Meningkatkan kekuatan dan pertumbuhan rambut

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2007, ternyata kafein dalam kopi memiliki kemampuan untuk merangsang pertumbuhan batang rambut.

Bahkan, kafein dapat menghasilkan akar rambut yang lebih kuat dan tebal. Selain itu, kafein juga memiliki efek positif pada pertumbuhan folikel rambut. Folikel rambut yang lemah dapat menyebabkan rambut rontok.

Baca Juga :  46 Persen Gen Z Tinggalkan Google, Aplikasi Ini Jadi Buruan

Dengan merawat rambut menggunakan kopi, Anda dapat memperkuat folikel rambut dan mencegah kerontokan rambut serta merangsang pertumbuhan yang lebih cepat.

  1. Membuat rambut lebih lembut

Jika Anda memiliki masalah dengan rambut kusam, kering, dan mudah patah, mencuci rambut dengan kopi dapat membantu memperbaiki kondisi rambut Anda.

Rambut akan menjadi lebih berkilau dan tidak mudah kusam. Selain itu, rambut yang biasanya sulit diatur akan menjadi lebih mudah diatur dan diurai.

Karena kopi juga dapat meningkatkan sirkulasi darah secara alami, ini juga membantu menyebarkan nutrisi ke akar rambut, sehingga membuat rambut lebih sehat.

  1. Mengurangi uban

Ternyata, kopi juga dapat digunakan sebagai pewarna rambut gelap alami yang dapat menyamarkan atau bahkan menghilangkan uban pada rambut Anda. Penggunaan kopi hitam yang pekat saat mencuci rambut dapat menghasilkan efek ini.

  1. Menyeimbangkan pH rambut
Baca Juga :  5 Zodiak yang Paling Pemalas dan Suka Menunda Pekerjaan. Apa Kamu Salah Satunya?

Menurut katadata.co.id, serat pada rambut memiliki pH sekitar 3,67, sedangkan pH kulit kepala sekitar 5,5. Perbedaan pH ini bisa menyebabkan kerusakan pada rambut jika menggunakan produk dengan pH yang tidak sesuai. Namun, kopi dapat membantu menyeimbangkan pH pada rambut dan kulit kepala, sehingga menjaga kesehatan rambut.

  1. Mengangkat sel kulit mati

Menggunakan ampas kopi sebagai scrub alami pada kulit kepala dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kotoran serta minyak yang mungkin tidak terangkat saat mencuci rambut. Hal ini membuat rambut terasa lebih bersih dan sehat. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================