Deretan Peringatan yang Terjadi 25 April, Jarang Diketahui!

peringatan
Ilustrasi/freepik.com

TIMETODAY.ID – Deretan peringatan dan perayaan yang terjadi pada tanggal 25 April di berbagai tempat di dunia. Namun, apa yang dirayakan pada 25 April 2024? Berikut informasinya.

Tanggal 25 April 2024 jatuh pada hari Kamis dalam kalender Masehi, sekaligus bertepatan dengan tanggal 16 Syawal 1445 Hijriah. Menurut kalender Jawa, 25 April 2024 adalah weton Kamis Pahing.

Pada tanggal tersebut, terdapat tiga perayaan dan peringatan penting, yaitu:

Advertisement
  1. Hari Malaria Sedunia

Hari Malaria Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 25 April. Awalnya, peringatan ini berasal dari Hari Malaria Afrika yang sudah dirayakan sejak tahun 2001 oleh pemerintah Afrika.

Pada tahun 2007, World Health Organization (WHO) menetapkan tanggal 25 April sebagai Hari Malaria Sedunia untuk meningkatkan kesadaran global tentang perlawanan terhadap penyakit ini. Malaria adalah penyakit yang berbahaya dan ditularkan melalui gigitan beberapa jenis nyamuk.

Baca Juga :  Sempat Dikira Batu Biasa, David Temukan Bongkahan Emas Senilai 4,6 Miliar

WHO mencatat bahwa kasus malaria pada tahun 2022 mencapai 249 juta, dengan perkiraan kematian sebanyak 608.000.

  1. Hari Kemerdekaan Italia

Italia merayakan hari kemerdekaannya pada tanggal 25 April. Hari ini, yang dikenal sebagai ‘Il Giorno Della Liberazione’ (Hari Kemerdekaan Nasional), menandai awal berakhirnya kekuasaan fasis Nazi di Italia.

Pada tanggal 25 April 1945, para pejuang Italia memulai pemberontakan besar-besaran melawan rezim fasis dan pendudukan Nazi, yang pada akhirnya mengarah pada kemerdekaan Italia.

  1. Hari Penguin Sedunia
Baca Juga :  Mengungkap Sejarah dan Latar Belakang Hari Buruh yang Diperingati 1 Mei

Hari Penguin Sedunia diperingati pada tanggal 25 April untuk meningkatkan kesadaran tentang penguin dan melestarikan spesies mereka.

Tujuannya agar generasi mendatang dapat terus mengagumi burung ini. Perayaan ini bermula dari penemuan bahwa penguin Adélie melakukan migrasi setiap tahunnya di sekitar Stasiun McMurdo di Pulau Ross.

Hari Penguin Nasional mendorong orang untuk mempelajari lebih lanjut tentang penguin, ancaman yang mereka hadapi, lingkungan hidup mereka, dan kontribusi mereka terhadap ekosistem. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================