TETAP GAS POL MESKI PUASA SAAT MASUK SEKOLAH

HERU_OPINI
FOTO : IST

Oleh : Heru B Setyawan (Pemerhati & Aktivis Pendidikan)

PEMBACA yang budiman insyaAllah beberapa hari lagi kita akan memasuki bulan suci ramadhan, 1 ramadhan bisa jatuh pada hari senin (11 maret 2024) atau selasa (12 maret 2024).

Untuk urusan beda awal ramadhan ini kita sudah terbiasa dan pengalaman jadi tidak perlu dipermasalahkan.

Advertisement

Monggo pilih yang mana hari senin atau selasa untuk awal puasa semua ada dasarnya, yang bahaya itu  jika kita tidak memilih alias tidak berpuasa.

Kembali ke judul opini penulis yaitu “Tetap Gas Pol Meski Saat Masuk Sekolah”. Ya ini penting, karena puasa di tingkat peserta didik baik SD, SMP dan SMA masih dalam taraf belajar.

Jadi puasanya masih level bawah, yaitu puasa yang masih urusan menahan lapar dan dahaga, bukan level menengah.

Yaitu puasa yang sudah bisa mengendalikan hawa nafsu, apalagi puasa level  tertinggi, yaitu puasa yang bisa mengendalikan dan membersihkan hati kita.

Maka pemerintah paham dan membuat aturan khusus untuk sekolah saat puasa ramadhan, yaitu libur 3 hari pada awal puasa.

Dan jam tiap mata pelajaran dikurangi, yang biasanya tiap jam mata pelajaran adalah 45 menit menjadi 30 menit saat puasa.

Baca Juga :  Komisi IV DPRD Kota Bogor Minta Study Tour Pelajar ke Luar Kota Dihentikan

Yang namanya peserta didik, karena belum pengalaman dan dalam proses mencari jati diri serta dalam taraf belajar, biasanya saat puasa adalah lemes, ngantuk, malas dan sering tidur.

Nah, agar saat puasa kita tetap gas pol dan lancar, caranya mudah. Untuk itu, ikutilah langkah berikut ini dengan cara :

Pertama, luruskan dan kuatkan niat karena “Lillahi Ta’ala”. Coba perhatikan, jika hari biasa kita tidak puasa dan bangun tidur terasa lapar.

Tapi jika kita bangun tidur kesiangan setelah adzan subuh dan kita malamnya sudah niat untuk berpuasa ramadhan, meski kita tidak sahur, maka akan terasa tidak lapar. Itulah betapa kuatnya pengaruh sebuah niat.

Ada hadist yang sangat populer, yaitu pada hadits arbain ke-1 yang terdapat dalam kitab Arba’in An Nawawiyah yang berbunyi “Innama al-A’malu Binniyat”.

artinya “Amal Tergantung pada Niat.”. Dengan niat yang lurus dan benar, maka itu menjadi energi yang luar biasa, saat kita berpuasa, atau kita tetap gas pol.

Kedua, mandi sebelum shalat subuh. Ternyata manfaat mandi sebelum subuh sangat banyak, bahkan Rasulullah diikuti para sahabat juga mandi di waktu subur, demikian pula para ulama. Ternyata hal itu pula yang membuat mereka berumur panjang.

Baca Juga :  10 SMA SWASTA TERBAIK DI KOTA BOGOR

Banyak penelitian yang menemukan bahwa semakin pagi, kian banyak pula kandungan ozon (O3) serta alpha air yang memiliki khasiat besar.

Inilah mengapa orang yang mandi sebelum subuh punya tubuh lebih bugar, sehingga pas puasapun kita tetap gas pol .

Ketiga, jaga wudu. Manfaat wudhu banyak salah satunya dapat menjaga daya tahan tubuh. Menurut psikiater dari Austria Leopold Werner Von Ehrenfels, mengatakan bahwa berwudhu menjadikan tubuh lebih sehat.

Pasalnya, air wudhu dapat merangsang saraf-saraf tubuh, sehingga bisa menjaga daya tahan tubuh. Ini berarti juga puasa kita tetap gas pol.

Dan yang terakhir saat puasa jangan banyak tidur bro, karena akan membuat anda lemes dan loyo. Semoga puasa kita tahun ini lebih baik dari pada tahun lalu. Jayalah Indonesiaku. ***

 

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================