Pendaki Asing Ditemukan Tewas di Puncak Gunung Agung Bali

Gunung Agung
Ilustrasi/freepik.com

TIMETODAY.ID – Seorang warga negara asing (WNA) tanpa identias ditemukan tewas di puncak Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali. Diduga korban melakukan pendakian Gunung Agung tanpa bantuan pemandu.

Penemuan jasad WNA di puncak Gunung Agung juga viral di media sosial Twitter atau X. Postingan tersebut menampilkan tangkapan layar pesan Instagram dari seseorang yang menemukan jasad saat mendaki Gunung Agung, beserta koordinat lokasi jasad tersebut.

Kepala Basarnas Bali, I Nyoman Sidakarya, menyatakan bahwa jenazah ditemukan pada koordinat 8°20’31.12″S – 115°29’35.81″E, pada ketinggian sekitar 2833 meter di atas permukaan laut, Selasa (12/3/2024) siang.

Advertisement

Korban terlihat mengenakan jaket dan celana panjang hitam, memiliki rambut putih beruban, dan membawa tas berwarna hijau. Proses evakuasi korban masih dalam tahap pemulihan hingga saat ini.

Baca Juga :  Tagedi Keracunan Makanan di Leuwisadeng, 6 Orang Dirawat di RSUD Leuwiliang

Sidakarya menyebutkan bahwa tidak ada informasi mengenai waktu awal korban memulai pendakian di Gunung Agung. Diduga korban mendaki tanpa mendaftar, tanpa pemandu, dan melalui jalur yang tidak resmi.

Sementara itu, jalur resmi pendakian telah dilarang oleh pemerintah setempat karena adanya upacara keagamaan “Ida Batara Turun Kabeh.”

“Pukul 17.00 WITA, dua pemandu lokal mulai pendakian melalui Pengubengan dan setelah dua jam lebih perjalanan, mereka tiba di lokasi penemuan jenazah. Namun, cuaca di lokasi sangat berkabut dan angin kencang, sehingga evakuasi tidak dapat dilakukan pada malam hari,” jelasnya.

Baca Juga :  Tingkatkan Standar Pelayanan Medis, RSUD Leuwiliang Hadirkan Dokter Spesialis Patologi Anatomik

“Pagi hari ini pukul 03.00 WITA, tim SAR gabungan bergerak dari Pos Pengubengan. Perjalanan normal pulang-pergi sekitar enam jam, tetapi proses evakuasi jenazah akan membutuhkan lebih banyak waktu,” tambahnya.

Sejumlah 10 personel dari Pos SAR Karangasem turut serta dalam operasi SAR ini, dengan melibatkan juga anggota kepolisian dan BPBD. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================