Daftar Merek Produk Kurma Israel yang Diminta MUI untuk Diboikot

MUI
Ilustrasi/freepik.com

TIMETODAY.ID – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Profesor Sudarnoto, mengajukan wacana untuk menghindari kurma asal Israel karena dana yang dihasilkan dari penjualannya digunakan untuk kegiatan yang merugikan warga Palestina.

Ia menjelaskan bahwa barang-barang yang dihindari meliputi berbagai jenis produk seperti makanan, minuman, dan lain-lain. MUI telah mengeluarkan Fatwa Nomor 83 Tahun 2023 yang menegaskan tentang kewajiban dukungan terhadap perjuangan Palestina.

“Kami ingin mengingatkan kepada umat Islam dan masyarakat Indonesia yang memiliki kepedulian terhadap isu kemanusiaan untuk menghindari produk-produk Israel dan perusahaan-perusahaan yang terkait dengan Israel,” ujar Profesor Sudarnoto seperti yang dilansir dari web resmi MUI Rabu (13/3/2024).

Advertisement
Baca Juga :  14 Armada Damkar dan 2 Unit Robot Diterjunkan Padamkan Kebakaran Gudang Amunisi

Profesor Sudarnoto menekankan bahwa boikot adalah bentuk tekanan yang dapat diberikan oleh masyarakat kepada Israel dengan dampak yang signifikan. Hal ini juga telah terbukti melalui survei yang dilakukan.

“Mengapa perlu melakukan boikot? Karena hasil penjualan akan memberikan manfaat kepada Israel. Dengan melakukan boikot, kita dapat melemahkan ekonomi Israel sehingga tindakan-tindakan agresifnya dapat dihentikan,” tambahnya.

MUI juga menegaskan bahwa mereka tidak pernah merilis daftar produk yang harus dihindari karena mendukung Israel secara langsung. MUI hanya mengedepankan prinsip-prinsip dasar dalam hal ini.

Baca Juga :  300 Pengawas TPS Bogor Tengah Resmi Dilantik

Sebagai tambahan, berikut adalah beberapa merek produk kurma yang berasal dari industri Israel yang perlu diwaspadai berdasarkan berbagai sumber.

  1. Star dates
  2. NavaFresh
  3. Delila
  4. Rapunzel
  5. Urban Platter
  6. Jordan Plains
  7. Jordan River
  8. Red Sea
  9. Anna and Sarah
  10. Food to Live
  11. Kalahari
  12. Premium Medjoul
  13. King Solomon
  14. Tamara Barhi
  15. Hadiklaim
  16. Sincerely Nuts
  17. Mehadrin
  18. Carmel
  19. Karsten Farm
  20. Royal Treasure
  21. Shams. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================