Ratusan Pelajar SMA Kota Bogor Lakukan Aksi Bersih Negeri

TIMETODAY.ID – Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Green Leader Indonesia dan ratusan pelajar SMA Kota Bogor melakukan kegiatan aksi bersih negeri di sekitar Kebun Raya Bogor, Jumat (8/3/2024).

Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (PKTL) Hanif Faisol Nurofiq menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya penanganan sampah secara bersama-sama oleh seluruh lapisan masyarakat, terutama generasi muda.

“Ya, ini akan menjadi resonansi penguatan pengurangan sampah secara masif. Karena di tahun 2060, diprediksi sampah semakin meningkat. Oleh karena itu, kami menggunakan seluruh lapisan masyarakat untuk ikut dalam kegiatan ini,” jelas Hanif.

Advertisement

Selain itu, Ia pun mengapresiasi kemenangan Kota Bogor dalam meraih Adipura, namun tidak hanya sampai di sini. Pihaknya akan terus memperkuat serta mengembangkan pengelolaan sampah di Kota Bogor secara berkala dengan kerjasama dan tentunya kolaborasi.
“Saya pikir Kota Bogor mempunyai semangat yang sama, untuk menciptakan kota yang bersih dan nyaman,” ujarnya.

Baca Juga :  Pemkab Bogor Komitmen Penuhi Kebutuhan Dasar Anak dan Ciptakan Keluarga Berkualitas

Hanif menjelaskan, bahwa ada lebih dari 500 peserta hari ini, sebagian besar adalah anak-anak muda ditingkat sekolah menengah, karena Indonesia akan mengalami bonus demografi hingga tahun 2045.

“Ya, karena itu penting melibatkan generasi muda, apalagi dalam kegiatan seperti ini. Kami keliling kebun Raya Bogor dan kami akan mencari lokasi yang butuh untuk dibersihkan,” jelasnya.

Sementara, Tokoh Muda Green Leader Indonesia, Ananda Tohpati, mengatakan bahwa ada banyak hal yang ingin ia lakukan di masa depan. Ini merupakan rangkaian kegiatan lingkungan yang sudah lama digagasnya.

Baca Juga :  Pemkab Bogor Ikuti Rakor TPID, Bahas Langkah Strategis Pengendalian Inflasi 

“Kami bermain diisu lingkungan, saya apresiasi acara yang digelar pemerintah. Apapun itu saya bergerak di bidang lingkungan dan kami konsisten. Hari ini kami mengajak komunitas yang kami punya untuk terlibat langsung,” katanya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Deni Wismanto mengatakan, bahwa hal ini merupakan bentuk kepedulian terhadap pengelolaan sampah. Sampah adalah sesuatu yang kita semua hasilkan, jadi mari kita selesaikan bersama. Ini adalah bagian dari kerjasama seluruh pemangku kepentingan yang menangani sampah untuk menjadikan Kota Bogor lebih baik lagi.

“Adipura penghargaan untuk masyarakat Bogor yang sudah mulai ke arah pengelolaan sampah yang lebih baik. Kedepan harus semakin sedikit pembuangan ke TPA,” pungkasnya.***

=========================================================