BMKG Imbau Masyarakat di Pesisir Waspada Potensi Banjir Rob

BMKG
Ilustrasi/freepik.com

TIMETODAY.IDBMKG telah merilis perkiraan cuaca nasional untuk Kamis, 8 Februari 2024. Prakirawan Bagas Briliano menyarankan agar penduduk di beberapa wilayah pesisir untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi banjir rob.

Bagas menjelaskan bahwa fenomena fase bulan purnama dapat meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum, yang berpotensi menyebabkan banjir rob di sejumlah lokasi pesisir.

“Seperti Dabo Singkep, Karimun, dan Tanjung Pinang (Kepulauan Riau), pesisir utara Jakarta, pesisir Tanjung Perak Surabaya, dan Kalianget (Madura),” kata Bagas dikutip dari laman resmi Info BMKG, Kamis (8/2/2024).

Advertisement
Baca Juga :  Pj. Bupati Bogor Dampingi Menteri ATR/Kepala BPN Bagikan 1.000 Sertifikat PTSL di Kecamatan Pamijahan

BMKG juga mengungkapkan bahwa curah hujan di Indonesia tetap tinggi, yang disebabkan oleh adanya dorongan massa udara dingin dari Asia.

Bagas menjelaskan bahwa ada juga tekanan udara rendah di Teluk Carpentaria (Australia), dan sirkulasi siklonik atau pusaran angin di Samudra Hindia barat Aceh, yang berkontribusi terhadap peningkatan intensitas curah hujan sedang hingga lebat di wilayah dengan tekanan udara rendah dan sirkulasi siklonik di Indonesia.

Baca Juga :  Simak Prakiraan Cuaca Hari Ini, Senin 25 Desember 2023 untuk Wilayah Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi

Selain itu, BMKG memperingatkan masyarakat terhadap potensi gelombang tinggi dengan ketinggian 2,5 hingga 4 meter di perairan Arafuru bagian timur.

Suhu udara di kota-kota besar di Indonesia diperkirakan berkisar antara 20 hingga 34 derajat Celsius, dengan kelembapan mencapai 50 hingga 100 persen. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================