Pengabdian Masyarakat di SDN Gunungputri 05 Kabupaten Bogor, Indocement Gandeng Universitas Paramadina

INDOCEMENT_2
Kelompok Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Program Magister Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina foto bersama dengan pihak SDN Gunungputri 5, (FOTO : IST)

TIMETODAY.ID – Beberapa waktu lalu, pada 16 Desember 2023, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, Kompleks Pabrik Citeureup berkolaborasi dengan salah satu kampus ternama.

Ya, Kelompok Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Program Magister Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina, untuk menginisiasi program pengabdian masyarakat dengan tema “Beraksi Dengan Warna, Selamatkan Bumi Kita”.

Kegiatan ini pertama kalinya dilaksanakan di SDN Gunung Putri 05, Kabupaten Bogor, yang merupakan salah satu sekolah adiwiyata mitra Indocement Kompleks Pabrik Citeureup.

Advertisement

Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengajarkan siswa-siswi SDN Gunung Putri 05 teknik ber-story telling yang baik dan benar, serta memberi motivasi bagi mereka untuk berani tampil di depan kelas atau publik.

“Kegiatan ini tidak hanya sekadar memberikan materi pembelajaran kepada siswa sekolah,” ujar Ketua Kelompok PKM, Fariz Alwy.

Namun, sambung dia, juga merupakan sebagai bentuk nyata dari komitmen Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina 2023 dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat,”

Program ini, lanjut Fariz Alwy, diharapkan dapat terus berkelanjutan secara mandiri atas inisiatif masyarakat sendiri.

“Kami sangat antusias untuk berbagi pengetahuan kami dalam bidang komunikasi kepada anak-anak di SDN Gunung Putri 05 dimana sekolah ini juga merupakan Sekolah Adiwiyata mitra Indocement,” katanya.

Baca Juga :  Ini Kata Kemendikbud Terkait Tahapan PTM Terbatas
INDOCEMENT_3
(FOTO : IST)

Dengan tema ‘Beraksi Dengan Warna’ tentunya mengajarkan siswa siswi itu setiap cerita bisa menjadi alat yang kuat untuk menyampaikan pesan, dan warna dapat menjadi media yang menyenangkan untuk mengungkapkan kreativitas mereka.

Sebagai bagian dari kegiatan tersebut, kelompok mahasiswa menyediakan galon bekas sebagai media untuk menggambar.

Rifqi Muhammad, anggota kelompok yang memimpin sesi ini, menjelaskan bahwa pemilihan galon bekas sebagai media gambar tidak hanya sebagai alat praktek semata, melainkan juga mengandung pesan mendalam.

“Kami ingin menyampaikan pesan tentang keberlanjutan dan kreativitas. Galon bekas dapat menjadi pot tanaman yang berguna atau tempat sampah yang indah setelah dihias,” ujar Rifqi.

“Dengan ini, kami berharap dapat mengajarkan siswa-siswi SDN Gunung Putri 05 tentang pentingnya mendaur ulang dan kreativitas dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala sekolah SDN Gunung Putri 05, Supriyadi, S.Pd. yang juga berkomitmen terhadap lingkungan.

“Siswa-siswi kami terlihat sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini,” katanya.

Baca Juga :  Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor Minta Bupati Evaluasi Penanganan Gizi Buruk

Mereka tidak hanya belajar teknik-teknik ber-story telling, tetapi juga menyadari potensi kreativitas yang dapat mereka ungkapkan melalui seni dan penggunaan barang bekas yang sesuai dengan visi misi sekolah kami yang peduli terhadap lingkungan.

Program pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Beraksi Dengan Warna Selamatkan Bumi Kita” ini mencerminkan komitmen Indocement dan Kelompok PKM Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina untuk memberikan dampak positif pada masyarakat dan lingkungan sekaligus sebagai bentuk tanggung jawab sosial Indocement terhadap lingkungan sekitar Perusahaan.

Sementara itu, Division Manager Corporate Social Responsibility Indocement, Gadang Wardono mengatakan, melalui pendekatan inovatif dan edukatif, diharapkan pelatihan ini menjadi inspirasi bagi anak-anak untuk berani tampil, berkreasi, dan menjaga lingkungan sekitar dengan cara yang menyenangkan dan bermakna.

Indocement selalu siap bekerja sama dengan berbagai pihak untuk melaksanakan program pemberdayaan masyarakat termasuk dengan pihak mahasiswa univesitas, kami percaya bahwa melalui kolaborasi dengan berbagai pihak dapat membawa dampak positif bagi masyarakat,” singkat Gadang. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

=========================================================