Gitaan
Gitaan atau Tampirik merupakan merupakan buah eksotis di Pulau Kalimantan. Gitaan masuk dalam keluarga Apocynaceae atau kamboja-kambojaan. Sedangkan nama ilmiahnya adalah Willughbeia firma BL. Foto : Istimewa.

TIMETODAY.IDGitaan atau Tampirik merupakan merupakan buah eksotis di Pulau Kalimantan. Gitaan masuk dalam keluarga Apocynaceae atau kamboja-kambojaan. Sedangkan nama ilmiahnya adalah Willughbeia firma BL.

Gitaan berbunga antara bulan Juli-Oktober. Sedangkan musim buah berkisar pada bulan November-Februari. Tanaman ini hidup dan tumbuh dengan cara menjalar di antara pepohonan hutan. Lokasi pertumbuhannya mulai dataran rendah hingga tempat dengan ketinggian 700 meter dari permukaan laut.

Buah gitaan bewarna jingga, rasa dagingnya manis dan sedikit asam. Buahnya seukuran genggaman tangan orang dewasa. Kulitnya tebal dengan permukaan halus ditumbuhi semacam bulu-bulu.

Advertisement

Daging kulitnya bewarna putih. Saat buah muda, di bagian daging kulitnya seperti spons agak padat dengan permukaan bewarna hijau muda agak kekuningan. Dibawah kulitnya terdapat bagian buah yang berjumlah 5-8 biji. Di dalam daging terdapat biji yang mempunyai kandungan lembaga berkeping dua.

Baca Juga :  Daftar Wilayah di Indonesia yang Banyak Dihuni Gadis Cantik

Pohon buah gitaan memiliki kulit batang bewarna cokelat tua dan banyak mengandung getah bewarna putih. Daunnya tumbuh pada batang dan cabangnya. Bentuk daunnya lonjong memanjang dengan tulang daun menyirip. Permukaan daun ditumbuhi bulu-bulu halus, tidak mengilat, dan bewarna hijau muda. Panjang daun berkisar 11-20 sentimeter dengan lebar 6-12 sentimeter

Saat ini buah gitaan masih dianggap mempunyai nilai ekonomis rendah dibandingkan dengan buah-buah yang lain. Oleh karena itu, dari tahun ke tahun, jumlah populasi ini kian menurun. Hingga saat ini hanya sedikit yang membudidayakan gitaan.

Baca Juga :  Tak Hanya Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei Juga Rayakan Peringatan Hari Lainnya, Berikut Daftarnya!

Dialam bebas, umumnya perkembangbiakan tanaman ini melalui biji dan persebarannya melalui hewan hutan sehingga menyebar ke tempat lain.

Di daerah Kutai, Kalimantan Timur, tanaman ini dikenal dengan sebutan jitan. Penduduk Dayak Kenyah menyebutnya dengan nama supit. Buah gitaan yang sudah masak banyak mengandung vitamin C.

Oleh Urang Bukit di Pegunungan Meratus, Kalimantan Selatan, getah buah gitaan yang bewarna putih dan agak encer dibuat sebagai obat tradisional. Kegunaan lainnya sebagai kayu bakar.

=========================================================