Deretan Peristiwa yang Diperingati 29 Maret 2024

29 Maret 2024
Ilustrasi.

TIMETODAY.ID –  Pada tanggal 29 Maret 2024, jatuh pada hari Jumat dan diperingati sebagai Hari Kenaikan Yesus Kristus. Seiring dengan itu, terdapat beberapa peringatan dan perayaan yang dirayakan pada tanggal tersebut:

  1. Hari Kenaikan Yesus Kristus

Tanggal 29 Maret 2024 diakui sebagai hari libur nasional yang memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus.

Sebelumnya dikenal sebagai Kenaikan Isa Almasih, namun sejak tahun 2023, Pemerintah mengubahnya menjadi Hari Kenaikan Yesus Kristus.

Advertisement

Keputusan ini sesuai dengan Keputusan Presiden (KEPPRES) Nomor 251 Tahun 1967. Kenaikan Isa Almasih sendiri adalah peristiwa 40 hari setelah Kebangkitan Yesus, di mana Yesus naik ke langit setelah memberikan pesan tentang kebaikan kepada murid-muridnya.

  1. Hari Jumat Agung
Baca Juga :  Menjajaki Saung Pelestarian Penca Pusaka Cimande Bogor

Tanggal 29 Maret juga merayakan Hari Jumat Agung, yang merupakan hari sebelum Minggu Paskah.

Hari ini adalah peringatan terhadap Penyaliban dan wafatnya Yesus Kristus di Kalvari. Dikenal juga dengan sebutan Jumat Agung, Jumat Hitam, atau Jumat Suci, perayaan ini sudah ada sejak abad ke-4 dengan ritual berpuasa dan penghormatan terhadap pengorbanan Yesus atas kasih-Nya kepada umat manusia.

  1. Hari Kelereng Sedunia

Selain itu, tanggal 29 Maret juga diperingati sebagai Hari Kelereng Sedunia, yang merupakan tradisi yang berasal dari Inggris pada tahun 1588.

Baca Juga :  Mengintip Dekorasi Natal dari Berbagai Belahan Dunia

Meskipun di Indonesia kelereng hanya menjadi mainan anak-anak, di luar negeri terdapat kejuaraan kelereng yang diadakan di Tinsley Green.

Turnamen ini dimulai dari persaingan antara dua pria untuk memenangkan hati seorang wanita, Joan, dan akhirnya berujung pada turnamen kelereng yang menjadi perayaan tahunan sejak abad ke-18 hingga saat ini. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================