BPBD Bogor Dirikan 8 Titik Pos Pengamanan Kesiapsiagaan Bencana

8 titik pos pengamanan
Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Bogor, Yani Hasan.

TIMETODAY.ID, BOGOR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor dirikan 8 titik pos pengamanan kesiapsiagaan di wilayah zona rawan bencana.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Bogor, Yani Hasan merinci 8 titik pos pengamanan kesiapsiagaan tersebut tersebar di Cibinong, Babakan Madang, Bojonggede, Klapanunggal, Jonggol dan Gadog. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya potensi-potensi bencana ditengah cuaca ekstrem seperti saat ini.

Selain mendirikan pos pengamanan kesiapsiagaan bencana, pihaknya juga telah melakukan koordinasi, mulai dari tingkat kecamatan, desa, kelurahan hingga tingkat RT dan RW untuk menentukan titik aman, titik evakuasi, dan tempat-tempat aman penyelamatan bencana.

Advertisement
Baca Juga :  Libur Panjang, Tirta Kahuripan Tetap Layani 225.134 Pelanggan

“Langkah pertama adalah kita melakukan evakuasi. Langkah keduanya baru kita melaksanakan penyelamatan terhadap bangunan, kehidupan sosial dan seterusnya,” ungkap Yani dalam keterangan tertulisnya.

Dirinya juga meminta kepada para relawan dan lembaga swadaya masyarakat untuk lebih optimal dalam membantu melaksanakan kesiapsiagaan bencana di Kabupaten Bogor.

“Kita punya sekitar 64 lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang penanggulangan bencana. Termasuk Pramuka, karang taruna, PMI dan lainnya untuk bergerak dan siap siaga,” tuturnya.

Selain kesiapsiagaan bencana, Yani juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap siaga dan waspada bencana alam di Kabupaten Bogor.

Baca Juga :  Ngabuburit Seru Bersama Satwa Afrika di Royal Safari Garden

Beberapa hal yang bisa dilakukan, sambung Yani, yaitu kenali lingkungan mulai dari hal kecil seperti saluran air yang berpotensi menyebabkan banjir, meningkatkan kewaspadaan jika terjadi hujan lebih dari tiga jam berturut-turut. Karena Kabupaten Bogor memiliki wilayah zona rawan bencana yang tersebar di 24 Kecamatan dan 48 Desa.

“Tetap tenang dan waspada, apabila memang terjadi cuaca ekstrem seperti hujan atau angin jangan memaksakan beraktivitas di luar. Tapi kalau sudah diluar sebaiknya selalu mencari tempat yang aman,” pintanya.

=========================================================