7 Pemain Sepak Bola Belanda Keturunan Indonesia

Sepak bola Belanda
Radja Nainggolan.

TIMETODAY.ID –  Sepak bola Belanda memiliki sejarah panjang dan kaya akan talenta dari berbagai latar belakang. Salah satu kelompok yang berkontribusi signifikan adalah para pemain keturunan Indonesia.

Para pemain ini tidak hanya membawa keahlian teknis yang tinggi, tetapi juga mencerminkan keragaman budaya yang ada di Belanda.

Berikut adalah daftar beberapa pemain sepak bola Belanda keturunan Indonesia yang telah atau sedang bersinar di dunia sepak bola:

Advertisement
  1. Giovanni van Bronckhorst

Giovanni van Bronckhorst adalah salah satu pemain sepak bola keturunan Indonesia paling terkenal. Lahir pada 5 Februari 1975 di Rotterdam, Giovanni memiliki darah Maluku dari sang ayah.

Sepak bola Belanda

Karirnya yang gemilang termasuk bermain untuk klub-klub besar seperti Feyenoord, Rangers, Arsenal, dan Barcelona. Dia juga menjadi kapten tim nasional Belanda dan membawa Belanda mencapai final Piala Dunia 2010.

  1. Nigel de Jong

Nigel de Jong, lahir pada 30 November 1984 di Amsterdam, juga memiliki darah Maluku. Sebagai gelandang bertahan, Nigel dikenal dengan gaya permainan keras dan tak kenal kompromi.

Sepak bola Belanda

Ia pernah bermain untuk klub-klub besar seperti Ajax, Hamburg, Manchester City, AC Milan, dan LA Galaxy. De Jong juga menjadi bagian dari tim nasional Belanda yang mencapai final Piala Dunia 2010.

  1. John Heitinga
Baca Juga :  KORMI Go To School, Minimalisir Kenakalan dan Bullying di Sekolah

John Heitinga, lahir pada 15 November 1983 di Alphen aan den Rijn, memiliki darah keturunan Indonesia dari pihak kakek-neneknya.

Sepak bola Belanda

Heitinga adalah bek yang tangguh dan pernah bermain untuk Ajax, Atlético Madrid, Everton, dan Hertha BSC. Dia juga memiliki 87 caps untuk tim nasional Belanda dan bermain di Piala Dunia 2010 serta Euro 2004 dan 2008.

  1. Roy Makaay

Roy Makaay, lahir pada 9 Maret 1975 di Wijchen, memiliki darah Indonesia dari pihak ayahnya. Sebagai seorang penyerang, Makaay terkenal dengan insting mencetak gol yang tajam.

Sepak bola Belanda

Ia pernah bermain untuk klub-klub seperti Vitesse, Tenerife, Deportivo La Coruña, Bayern München, dan Feyenoord. Makaay juga mencetak banyak gol untuk tim nasional Belanda selama karirnya.

  1. Denny Landzaat

Denny Landzaat, lahir pada 6 Mei 1976 di Amsterdam, juga memiliki keturunan Indonesia. Landzaat adalah gelandang tengah yang pernah bermain untuk klub-klub seperti Ajax, Willem II, AZ, Wigan Athletic, dan Feyenoord.

Sepak bola Belanda

Dia juga memperkuat tim nasional Belanda dan bermain di Piala Dunia 2006 serta Euro 2004.

  1. Jeffrey Leiwakabessy

Jeffrey Leiwakabessy, lahir pada 23 Februari 1981 di Elst, memiliki keturunan Maluku.

Baca Juga :  Kunci Ducati Tampil Ganas di MotoGP 2022

Dia adalah bek kiri yang mengawali karirnya di NEC Nijmegen dan juga pernah bermain untuk klub-klub seperti Alemannia Aachen, Anorthosis Famagusta, dan kembali ke NEC.

Sepak bola Belanda

Meskipun tidak banyak tampil di level internasional, Leiwakabessy tetap menjadi pemain yang dihormati di klub-klub yang dibelanya.

  1. Radja Nainggolan

Meskipun Radja Nainggolan lebih dikenal sebagai pemain tim nasional Belgia, ia memiliki darah keturunan Batak dari ayahnya yang berasal dari Indonesia.

Sepak bola Belanda

Lahir pada 4 Mei 1988 di Antwerp, Nainggolan adalah gelandang tengah yang bermain untuk klub-klub besar seperti Cagliari, AS Roma, Inter Milan, dan Royal Antwerp.

Gaya bermainnya yang agresif dan kemampuannya mengendalikan permainan membuatnya menjadi salah satu gelandang terbaik di Serie A.

Para pemain sepak bola keturunan Indonesia ini telah menunjukkan bahwa dengan kerja keras dan dedikasi, mereka dapat mencapai puncak karir sepak bola di level internasional.

Mereka tidak hanya menjadi kebanggaan bagi komunitas keturunan Indonesia di Belanda tetapi juga menginspirasi generasi muda di seluruh dunia. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================