Bulog Pastikan Ketersediaan Beras Jelang Idul Adha 1445 H Aman

Bulog
Pj Wali Kota Bogor, Hery Antasari saat mengunjungi gudang beras Bulog di Dramaga Bogor, Jawa Barat. Foto : Ist.

TIMETODAY.ID – Badan Urusan Logistik (Bulog) memastikan bahwa pasokan beras menjelang Idul Adha 1445 H mencukupi.

Yanto Nurdiyanto, Kepala Cabang Gudang Bulog Dramaga Bogor, menyebut stok beras di gudang Bulog cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Idul Adha. Dia juga mengamati antusiasme tinggi masyarakat Bogor terhadap beras, yang menyebabkan stabilisasi pasokan dan harga.

Saat ini, harga tebus beras kualitas medium di Gudang Bulog Bogor adalah Rp 11.000 per kilogram atau Rp 55.000 untuk kemasan lima kilogram, sesuai dengan aturan harga eceran tertinggi.

Advertisement

Yanto menjelaskan bahwa beras yang disalurkan adalah beras cadangan pemerintah dengan kualitas yang terjamin. Bulog terus meningkatkan kualitas berasnya untuk mendapatkan lebih banyak pengakuan dari masyarakat.

Baca Juga :  Kisah Ivon, Petugas PLN UID Jakarta Raya 10 Tahun Jalani Lebaran Tak Bersama Keluarga

Gudang Bulog Bogor menerima tambahan stok beras dari cabang Bulog di daerah produsen seperti Karawang, Subang, dan Cirebon. Mereka juga memiliki tambahan stok beras impor sekitar 1.900 sampai 2.000 ton dari total kapasitas gudang 7.000 ton.

“Ketersediaan beras di Gudang Bulog Bogor saat ini adalah 6.700 ton dan diharapkan akan bertambah 4.500 ton pada bulan Juni ini,” tutur Yanto

Kapasitas gudang Bulog Dramaga Bogor hanya 7.000 ton, sehingga stok tidak bisa disimpan lama. Setiap kekurangan stok akan dipasok oleh cabang lain untuk memenuhi kuota penyaluran yang rata-rata 7.000 ton per bulan.

Baca Juga :  Ini Roti Konde Asal Bogor, Wajib Dicoba

Beras tersebut secara berkelanjutan disalurkan kepada toko atau pedagang sesuai kebijakan yang ada, yaitu 4 ton dalam satu minggu dari yang sebelumnya hanya dua ton, untuk memastikan pasokan dan ketersediaan beras di pasaran tidak terputus. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================