Diterjang Longsor, Akses Jalur Penghubung Bandung Barat-Cianjur Terputus

Bandung Barat
Ruas jalan di jalur selatan Kabupaten Bandung Barat (KBB) tepatnya di kawasan Gunung Halu, Jawa Barat tertimpa longsor, Selasa 14 Mei 2024. (Beritasatu.com/Algi M Gifari)

TIMETODAY.ID – Beberapa ruas jalan di jalur selatan Kabupaten Bandung Barat (KBB), tepatnya di kawasan Gunung Halu, Jawa Barat, mengalami longsor. Meskipun tidak menyebabkan korban jiwa, akses jalan dari Bandung Barat menuju Cianjur terputus total pada Selasa (14/5/2024).

Dari tiga titik longsor yang terjadi, salah satu yang terparah berada di Desa Sindangjaya, tepatnya di ruas Jalan Raya Bunijaya-Gunung Halu. Tebing setinggi 200 meter di Bukit Gunung Tugu longsor dan menutupi jalan utama di jalur selatan.

Baca Juga :  Cabuli Belasan Bocah, Abah Oyan Dituntut 15 Tahun Penjara

“Longsor terjadi di Desa Sindangjaya, tepatnya di Gunung Tugu. Selain longsor, jalannya juga patah, dengan patahan ke bawah sedalam 25 meter,” kata Kapolsek Gunung Halu, AKP Maman Maulana Ismail, dikutip dari beritasatu.com, Rabu (15/5/2024).

Advertisement

Peristiwa ini dipicu oleh curah hujan tinggi semalam yang menyebabkan kondisi tanah menjadi labil, namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

“Sekarang jalan sudah terputus, kendaraan baik roda dua maupun roda empat dari arah Cilanggari ke arah Bunijaya tidak bisa melintas,” tambahnya.

Baca Juga :  Solok Diterjang Banjir Bandang dan Longsor, 6 Jembatan Terdampak

Sejak Selasa, aparat gabungan dari kepolisian, TNI, dan relawan kebencanaan sudah berada di lokasi longsor. Pada Rabu ini, petugas gabungan berencana untuk menyingkirkan material longsor menggunakan alat berat. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================