TIPS JITU BERHENTI MEROKOK

OPINI_HERU
FOTO : IST

Oleh : Heru B Setyawan (Pemerhati & Aktivis Pendidikan)

PENULIS adalah mantan perokok berat, dulu sehari bisa habis satu sampai dua bungkus rokok, al­hamdulillah sekarang sudah dua puluh satu tahun saya berhenti merokok.

Penulis mulai merokok sejak kelas 3 SMP sekitar usia 15 tahun sampai usia 38 tahun. Atau penulis merokok itu selama 23 tahun, suatu waktu yang tidak sebentar bro.

Advertisement

Dan untuk bisa berhenti merokok butuh pen­gorbanan dan kesungguhan yang sangat luar biasa.

Inilah proses penulis berhasil berhenti merokok, yaitu : Pertama, penulis sudah selama satu bulan penuh tidak merokok satu batangpun, tapi kambuh merokok lagi.

Yang kedua, sudah tiga bulan penuh penulis tidak merokok, tapi kambuh merokok lagi dan yang terakhir ketiga, sudah satu tahun penuh penulis ti­dak merokok, tapi kambuh mero­kok lagi.

Baykan, sudah satu tahun tidak merokok sama sekali, masih juga kambuh merokok lagi kan terlalu kata pak haji Oma Irama.

Baca Juga :  Uji Coba Kantong Parkir Angkutan Tambang Parung Panjang Sukses Kurangi Kemacetan

Itulah beratnya berhenti merokok, karena tingkat kecan­duan merokok itu sama dengan 50 persen tingkat kecanduan narkoba. Sehingga banyak perokok yang kesulitan berhenti merokok.

Bahkan penulis sering direpotkan dengan rokok ini, misal tengah malam kita kehabisan rokok, maka penulis tetap saja nekat keluar rumah untuk beli rokok, meski itu hujan deras.

Intinya jika kita masih merokok kita belum merdeka dalam hidup ini, karena masih ketergantungan dengan merokok.Dan inilah tips berhenti merokok yang penulis alami:

1.Saya berjanji dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, dengan sungguh-sungguh dalam hati untuk ber­henti merokok, karena saya sudah tiga kali gagal untuk ber­henti merokok.

2. Saya punya keinginan yang kuat, agar sebelum usia 40 ta­hun saya harus berhenti merokok, karena usia 40 tahun adalah usia yang rawan terha­dap kesehatan, usia 40 tahun biasanya kesehatan dan stamina kita mulai menurun.

Baca Juga :  HALAL BIHALAL HANYA ADA DI INDONESIA DAN BANYAK MANFAATNYA

3. Saya ingin sehat di masa tua nanti, kare­na saya melihat bapak saya dan mertua saya yang perokok berat sampai usia lebih 50 tahun ma­sih merokok, dan pada usia 60 tahun ke atas bapak dan mertua saya ini sering sakit serta masuk rumah sakit, sebelum wafatnya.

4. Saya ingin uang rokok saya un­tuk uang jajan buah hati saya. Silahkan untuk mencoba para pembaca yang budiman, semoga berhasil. Jayalah Indonesiaku. ***

 

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================