Gunung Ruang Erupsi, 828 Warga Dievakuasi 

Gunung Ruang
Gunung Ruang

TIMETODAY.ID – Aktivitas Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara, telah mengalami peningkatan dari Level II (Waspada) menjadi Level III (Siaga).

Penyesuaian ini berdasarkan observasi visual dan instrumental yang menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanik mulai tanggal 16 April 2024 pukul 16.00 WITA.

Pada malam Selasa, 16 April 2024, Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, mengalami letusan.

Advertisement

Melansir laman resmi bnpb.go.id, Kamis, 18 April 2024, daerah yang terdampak meliputi Desa Pumpente dan Desa Patologi di Kecamatan Tagulandang.

Gunung ruang kembali meletus pada pukul 01:30 WIB, menyebabkan hujan abu vulkanik dan terputusnya jaringan komunikasi di Kampung Laingpatehi.

Baca Juga :  Bikin Polisi Luka di Kepala, 12 Remaja di Jakarta Ditangkap

Akibat letusan tersebut, sebanyak 272 Kepala Keluarga atau 828 jiwa mengungsi, dengan sebagian besar berada di tempat-tempat pengungsian seperti Gedung BPU Kecamatan Tagulandang dan rumah-rumah kerabat di Pulau Tagulandang.

Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) menetapkan Status Tanggap Darurat selama 14 hari sejak tanggal 16 hingga 29 April 2024.

BPBD Kabupaten Sitaro dan BPBD Provinsi Sulawesi Utara telah memberikan bantuan berupa tikar, selimut, dan masker kepada para pengungsi. Upaya evakuasi dan penyiapan sarana evakuasi juga telah dilakukan di Kecamatan Tagulandang.

Baca Juga :  VIDEO : Penampakaan Gunung Ruang saat Erupsi, Seram!

Rekomendasi dari PVMBG untuk tingkat aktivitas Gunung Ruang Level III (Siaga) antara lain mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 4 km dari pusat kawah aktif Gunung Ruang.

Masyarakat di sekitar Gunung Ruang juga diharapkan tetap tenang, melanjutkan aktivitas seperti biasa, dan mengikuti perkembangan aktivitas Gunung Ruang melalui aplikasi MAGMA Indonesia atau situs web resmi PVMBG.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================