Jamaah Islam Aboge Baru Rayakan Lebaran Hari Ini Jumat  12 April 2024

Jamaah Islam Aboge
Jemaah Islam Aboge di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, baru saja merayakan Idulfitri Jumat (12/4/2024). Foto : Ist.

TIMETODAY.IDJamaah Islam Aboge di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, baru saja merayakan Idulfitri Jumat (12/4/2024).

Perayaan Idulfitri jamaah Islam Aboge serupa dengan umat Islam pada umumnya, dimulai dengan pelaksanaan salat Id.

Salat Id diadakan di Musala Al Barokah yang dimiliki oleh jamaah Islam Aboge di Dusun Krajan, Desa Leces, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo. Mulai dari pagi, jemaah berdatangan untuk melaksanakan salat Id pada pukul 06.30 WIB.

Advertisement

Meskipun terdapat selisih dua hari dengan umat Islam pada umumnya, jamaah Islam Aboge tetap merayakan Idulfitri dengan lancar dan aman. Masyarakat tetap menjaga kerukunan dan tali silaturahmi.

Baca Juga :  Kapan Pengumuman Hasil Pilpres dan Pileg 2024 Diumumkan? Berikut Jadwalnya!

Setelah salat Id, jamaah Islam Aboge melanjutkan dengan acara halalbihalal dan kemudian kembali ke rumah masing-masing untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat.

Kyai Buri Mariyah, tokoh jamaah Islam Aboge, menjelaskan bahwa penentuan hari raya Idulfitri 1 Syawal 1445 hijriah dilakukan berdasarkan perhitungan sesuai kitab mujarobat yang menjadi panduan.

Perhitungan tersebut, disebut Waljiro atau satu syawal siji loro dengan pasaran dua. Berdasarkan perhitungan tersebut, Hari Raya Idulfitri jatuh pada Jumat Wage 12 April 2024.

“Ini sesuai dengan perhitungan awal Ramadan jemaah Islam Aboge yang dimulai pada Rabu (13/4/2024) kemarin,” ungkap Kyai Buri Mariyah dikutip dari beritasatu.com.

Baca Juga :  Tiga Bocah di Tangerang Dilaporkan Hilang Terseret Arus Banjir

Sekadar informasi, jumlah jamaah Islam Aboge di Probolinggo mencapai ribuan orang. Keyakinan yang mereka anut merupakan warisan turun-temurun dari nenek moyang mereka.

Meskipun demikian, cara beribadah jamaah Islam Aboge tidak berbeda jauh dengan umat Islam pada umumnya, hanya terdapat perbedaan pada penetapan awal Ramadan dan hari raya Idulfitri. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================