Mencicipi Laksa Gang Aut Mang Wahyu, Kuliner Bogor yang Bisa Jadi Rekomendasi

Laksa Gang Aut Mang Wahyu
Laksa Gang Aut Mang Wahyu.

TIMETODAY.ID –  Selain varian khas Betawi (Jakarta) dan Benteng (Tangerang), ternyata terdapat juga laksa khas Bogor yang memiliki karakteristiknya sendiri.

Salah satu tempat yang banyak direkomendasikan adalah Laksa Gang Aut Mang Wahyu yang terletak dekat dengan kawasan kuliner Jalan Suryakencana.

Cara termudah untuk menemukannya adalah dengan berjalan dari Jalan Suryakencana hingga menemukan perempatan Gang Aut, di mana Cungkring Pak Jumat dan Asinan Jagung Pak Subur berada di sebelah kiri, sedangkan penjual Es Pala berada di sebelah kanan.

Advertisement

Setibanya di perempatan tersebut, beloklah ke kanan. Setelah beberapa saat, Anda akan menemui pertigaan, lalu belok kiri. Tak jauh dari pertigaan Laksa Gang Aut akan terlihat.

Meskipun tempatnya kecil, namun ramai. Pengunjung bisa memilih untuk duduk di dalam ruangan atau di luar di tepi jalan.

Baca Juga :  Harga Tiket, Lokasi serta Pesona Keindahan Desa Wisata Malasari Bogor

Namun, jika ingin merasakan udara yang sejuk disarankan untuk duduk di tepi jalan agar lebih nyaman, terutama karena jarang terdapat mobil yang melintas di jalan tersebut.

Meskipun ukurannya tidak besar, Laksa Gang Aut sudah berdiri sejak tahun 1980-an. Karena rasa penasaran, saya langsung memesan seporsi laksa Bogor.

Laksa Bogor ini memiliki tampilan yang menggugah selera. Kuahnya berwarna kuning pekat dengan taburan serundeng di atasnya, serta daun kemangi yang terendam dalam kuah.

Setelah saya mencicipi kuahnya, saya merasakan kekentalan yang kuat. Kuahnya kental dan beraroma khas. Kekentalan ini dihasilkan dari campuran santan, rempah-rempah, oncom, dan kelapa yang dimasak bersama.

Adonan oncom, kelapa, dan serundeng memberikan tambahan tekstur di dalam kuah. Meskipun rasanya agak manis, namun tetap gurih dan lezat.

Baca Juga :  4 Resep Hidangan Khas Natal ala Rumahan, Lengkap dengan Cara Membuatnya

Saat diaduk isian di dalam mangkok, anda akan menemukan bihun, ketupat, tauge, daun kemangi, irisan oncom, telur rebus, dan tahu.

Keberadaan tauge setengah matang dan daun kemangi segar menyeimbangkan rasa kuah yang kaya, menjadikannya semakin segar dan lezat.

Bila ingin sedikit tambahan rasa asam segar, bisa mengiris jeruk nipis dan memerasnya ke atas hidangan. Tahunya benar-benar lembut dan memiliki aroma kedelai yang kuat.

Semangkuk laksa Bogor dibandrrol Rp20.000 dan mendapatkan air teh gratis. Dari segi harga tergolong lumayan bersahabat, tetapi dengan tekstur kuah laksa yang kuat dan kental, nampaknya hidangan ini menjadi favorit. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================