Kerupuk Pasir, Camilan Khas Kediri yang Bisa Dijadikan Buah Tangan saat Lebaran

Lebaran
Kerupuk Pasir, Camilan Khas Kediri yang Bisa Dijadikan Buah Tangan saat Lebaran.

TIMETODAY.ID – Mendekati waktu Lebaran Idulfitri, salah satu tradisi khas yang umum adalah melakukan mudik ke kampung halaman.

Saat melakukan mudik, pastinya akan ada kebutuhan untuk membawa buah tangan lebaran, bukan?

Jika Anda berencana untuk mudik ke Kediri, terdapat beragam pilihan oleh-oleh lebaran yang dapat dipilih, salah satunya adalah kerupuk pasir Kediri.

Advertisement

Kerupuk merupakan camilan yang sering menjadi pelengkap saat makan. Biasanya, kerupuk digoreng sehingga menghasilkan suara krenyes saat digigit.

Namun, berbeda dengan kerupuk pasir Kediri, karena kerupuk ini digoreng bersama pasir. Hal ini membuatnya menjadi oleh-oleh lebaran yang unik dan menarik karena dapat dinikmati oleh siapa saja.

Baca Juga :  Bahan dan Cara Membuat Resep Mie Gacoan Setan, Pedesnya Bikin Kelenger!

Kerupuk pasir Kediri juga dikenal memiliki kandungan kolesterol yang rendah, yang membuatnya diminati oleh banyak orang.

Kediri sendiri merupakan salah satu daerah yang terkenal sebagai penghasil kerupuk pasir. Produsen kerupuk pasir di Kediri biasanya menggunakan pasir pilihan yang steril berwarna hitam saat proses penggorengan agar kerupuk tidak lengket.

Kerupuk pasir aman dikonsumsi karena bahan pembuatannya yang terdiri dari tepung tapioka, bawang putih, dan garam.

Penggunaan pasir pada proses penggorengannya membuatnya rendah kolesterol. Selain itu, kerupuk pasir juga mudah didapatkan dan memiliki daya tahan yang baik.

Kerupuk pasir Kediri menjadi salah satu oleh-oleh lebaran yang umum dijumpai di Kediri. Selama masa silaturahmi lebaran, kerupuk ini akan banyak ditemui dari satu rumah ke rumah lainnya.

Baca Juga :  5 Tempat Makan Sate di Puncak Bogor dengan View yang Menakjubkan

Rasa gurih dan lezat dari kerupuk pasir Kediri ini dihasilkan dari bumbu-bumbu yang digunakan serta pasir sebagai media penggorengannya.

Ada berbagai varian rasa kerupuk pasir Kediri, seperti bawang, ubi, pedas manis, pedas, manis, dan seledri.

Proses pemberian rasa dilakukan sebelum maupun setelah proses penggorengan. Biasanya, kerupuk ini dikemas dalam plastik berukuran setengah kilogram dengan panjang antara 30 cm hingga 40 cm. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================