Arti Shimmer, Tren Busana Lebaran 2024 yang Mendadak Naik Daun

tren busana Lebaran 2024
Ilustrasi.

TIMETODAY.ID – Setiap tahun, dunia mode menyajikan beragam tren busana Lebaran yang berubah-ubah. Pada tahun ini, tren busana Lebaran 2024 mengusung gaya “shimmer”.

Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan tren busana “shimmer” yang sedang populer untuk Lebaran tahun ini?

Penggunaan tren busana “shimmer” semakin ramai dibicarakan di berbagai platform media sosial.

Advertisement

Banyak pengguna internet membagikan foto busana “shimmer” versi mereka yang direncanakan untuk dipakai saat merayakan Lebaran tahun ini.

Busana “shimmer” yang sedang naik daun hadir dalam berbagai varian warna, mulai dari yang elegan seperti abu-abu hingga yang menarik seperti merah muda.

Selain itu, busana “shimmer” juga tersedia dalam berbagai model, termasuk gamis, tunik, dan blouse.

Ternyata, tren busana “shimmer” berhasil menarik perhatian banyak orang, terutama para penggemar mode yang tertarik untuk mengenakannya saat Lebaran.

Tidak hanya itu, busana “shimmer” juga mudah ditemukan di pasaran, mengikuti tren yang berkembang di media sosial.

Banyak penjual eceran mulai menjual busana “shimmer” baik di pusat perbelanjaan maupun di platform online.

Adapun harga jual busana “shimmer” sangat bervariasi. Berdasarkan penelusuran Tirto di beberapa platform online, harga busana “shimmer” berkisar mulai dari Rp60 ribu hingga lebih dari Rp350 ribu tergantung pada model dan mereknya.

Namun, apa sebenarnya makna dari busana “shimmer” yang menjadi tren busana Lebaran 2024?

Baca Juga :  Rekomendasi Warna Outfit Lebaran Kekinian

Makna dari busana “shimmer” yang sedang menjadi tren Lebaran berasal dari istilah umum dalam bahasa Inggris.

Dalam kamus Merriam-Webster, “shimmer” merujuk pada kilauan atau cahaya yang lembut dan gemerlap.

Istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan efek visual yang bergetar atau berkedip-kedip.

Dan istilah tersebut kini digunakan untuk menggambarkan jenis busana yang sedang tren untuk Lebaran tahun ini.

Secara harfiah, busana “shimmer” adalah busana yang memiliki efek bercahaya dan gemerlap. Menurut Catwalk Yourself, busana “shimmer” memiliki kemampuan memantulkan cahaya, menciptakan kesan berkilau.

Biasanya, busana “shimmer” dibuat dengan tambahan manik-manik atau payet di berbagai bagian. Namun, busana “shimmer” yang tren tahun ini cenderung memiliki desain yang lebih minimalis, menggunakan kain khusus yang ringan dan berkilau.

Kain yang umum digunakan untuk busana “shimmer” adalah satin silk atau shimmer silk. Kain ini terbuat dari campuran benang rayon dan polyester, memberikan efek terang dan mengkilap saat terkena cahaya.

Kain satin silk atau shimmer silk biasanya digunakan untuk membuat busana formal, pesta, hingga busana kasual. Busana yang terbuat dari jenis kain ini memberikan kesan elegan dan menawan.

Karakteristik kain shimmer silk meliputi tekstur yang lembut, sejuk, dan mudah dipadukan dengan berbagai model dan warna. Karena karakteristik ini, kain shimmer silk menjadi pilihan ideal untuk berbagai jenis busana seperti gamis, gaun, pasmina, dan blouse.

Baca Juga :  Mitos atau Fakta : Kerap Konsumsi Telur Dadar Picu Kanker, Begini Faktanya!

Selain itu, tren busana Lebaran 2024 juga dipengaruhi oleh warna-warna yang diprediksi akan populer.

Menurut Managing Director Aleza Diah Demona, tren warna busana Lebaran 2024 termasuk warna-warna pastel dan earth tone seperti hijau, cokelat, dan monokrom.

Bagi mereka yang ingin tampil lebih berani, warna-warna mencolok seperti pink atau lime juga menjadi pilihan yang menarik.

Namun demikian, preferensi terhadap busana Lebaran dapat bervariasi berdasarkan lokasi geografis, dengan dress dan atasan tetap menjadi pilihan yang populer.

Di Sumatra, misalnya, tren lebih cenderung pada dress, sementara di Jawa atau Timur lebih banyak yang memilih atasan.

Ada juga kecenderungan untuk memilih busana yang simpel mengingat banyaknya aktivitas selama Lebaran.

Baju sarimbit juga tetap diminati karena kemudahannya dalam koordinasi pakaian. Disarankan agar busana sarimbit memiliki motif yang seimbang untuk cocok digunakan oleh seluruh anggota keluarga.

Terakhir, dalam pemilihan busana, kenyamanan tetap menjadi pertimbangan utama. Oleh karena itu, bahan katun yang nyaman dipakai, terutama untuk anak-anak, sangat disarankan.

Selain itu, bila busana sudah memiliki banyak motif, disarankan untuk menggunakan kerudung polos berbahan voal agar tidak terlalu ramai. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================