Ratusan Peserta Mudik Gratis Polresta Bogor Kota Diberangkatkan

mudik gratis
Polresta Bogor Kota mulai memberangkatkan ratusan peserta mudik gratis di terminal Baranangsiang, Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/4/2024). Foto : timetoday.id

TIMETODAY.ID – Polresta Bogor Kota mulai memberangkatkan ratusan peserta mudik gratis di terminal Baranangsiang, Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/4/2024). Sebelumnya para peserta mudik ini telah mendaftarkan diri H-12 lebaran.

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso menyampaikan bahwa program mudik gratis Polresta Bogor Kota ini merupakan bagian dari layanan kepada masyarakat, membantu berempati. Sehiungga merasa sama-sama memiliki hari Raya Lebaran.

“Ada 120 penumpang yang diberangkatkan hari ini dari Baranangsiang Kota Bogor dengan tujuan mulai Cianjur, Bandung, Garut, Tasik, Ciamis, Banjar, Cilacap hingga Yogyakarta,” tutur Bismo kepada wartawan.

Advertisement

Menurutnya kendaraan yang digunakan untuk mudik gratis tersebut sebelumnya telah lolos uji Ramp Check atau pemeriksaan kondisi fisik bus, kelengkapan administrasi, dan perizinan kendaraan.

“Tidak ada masalah, kesehatan sopir, surat-surat, kondisi kendaraannya seperti lampu sein, wiper klakson, rem semuanya dicek dalam kondisi baik,” terangnya.

Baca Juga :  Kasus Judi Online Terbongkar, 2 Selebgram Cantik Asal Bogor Diamankan

Sementara itu, Kasatlantas Polresta Bogor Kota, Kompol Galih Apria menyebut hasil evaluasi mudik gratis tahun sebelumnya, ada perubahan jalur, yang awalnya menggunakan jalur Utara, namum untuk tahun ini (2024) para peserta mudik gratis meminta untuk menggunakan jalur Selatan.

“Untuk tahun ini kita berbeda jalur, karena hasil evaluasi tahun kemarin kita menggunakan jalur Utara berakhir di Semarang ternyata banyak request atau permintaan yang ke jalur selatan, sehingga kita buka untuk jalur selatan,” ujar Galih.

Galih juga mengimbau kepada para sopir untuk tetap mengedepankan keselamatan diri maupun penumpang, dengan cara beristirahat sejenak di rest area apabila mengantuk atau lelah.

“Mudah-mudahan mudik ini aman, ceria dan nyaman seperti yang digaungkan Bapak Kapolri,” tuntasnya.

Pantauan timetoday.id di lokasi sekitar pukul 08.30 WIB. para penumpang terlihat membawa koper besar dan barang bawaan lainnya, sementara keluarga mereka berkumpul di sekitar terminal untuk memberi ucapan selamat dan doa keselamatan.

Baca Juga :  Kapolda Jabar Resmikan Satpamobvit Polresta Bogor Kota, Siap Jaga Keamanan Objek Vital

Mariam (35) salah satu pemudik jurusan Ciamis ini mengatakan bahwa mudik tahun ini sangat ditunggu-tunggu untuk berkumpul kembali dengan keluarga di kampung halaman.

“Waktu kemarin (Covid) kan gak bisa mudik, jadi mudik sekarang paling ditunggu-tunggu,” kata Mariam.

Meskipun antusiasme para peserta mudik terlihat jelas, petugas terminal juga telah mengingatkan tentang pentingnya keselamatan selama perjalanan.

Mereka menyarankan agar para pengemudi istirahat yang cukup dan memastikan kendaraan mereka dalam kondisi baik sebelum memulai perjalanan. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================