4 Orang Tewas, Puluhan Jiwa Luka-Luka Akibat Gempa Taiwan

gempa
Gempa Taiwan mengguncang Jepang, Filipina, hingga beberapa wilayah China, tapi tak berdampak tsunami di Indonesia, Rabu 3 April 2024. (Foto: X)

TIMETODAY.ID –  Empat orang dilaporkan tewas akibat gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M) 7,5 yang mengguncang Taiwan pada Rabu (3/4/2024) waktu setempat.

Bencana tersebut juga mengakibatkan puluhan orang lain mengalami luka-luka karena bangunan roboh, terjadi pemadaman listrik, dan terjadi tanah longsor di beberapa wilayah.

Melansir The Guardian dan CNN, Rabu (3/4/2024), Departemen Pemadam Kebakaran Nasional Taiwan (NFA) mengonfirmasi bahwa setidaknya empat orang tewas dan lebih dari 57 lainnya terluka akibat gempa bumi ini, yang merupakan yang terkuat dalam 25 tahun terakhir di Taiwan.

Advertisement

NFA melaporkan bahwa salah satu korban tewas sedang melakukan pendakian di pegunungan distrik Hualien pada saat gempa terjadi pada pukul 07.58 pagi waktu setempat pada Rabu (3/4). Distrik Hualien, yang terkenal sebagai destinasi wisata, berlokasi dekat dengan pusat gempa.

Baca Juga :  Ratusan Anggota DPR Absen Rapat Paripurna Pasca Pemilu 2024

Badan Cuaca Pusat Taiwan sebelumnya mengatakan bahwa pusat gempa berada pada kedalaman 15,5 kilometer di lepas pantai timur Taiwan.

NFA menyatakan bahwa otoritas Taiwan masih mengumpulkan informasi lebih lanjut mengenai korban-korban dari bencana ini.

Menurut laporan dari NFA dan Pusat Komando Darurat Pusat (CEOC) Taiwan, sekitar 26 gedung atau bangunan dilaporkan “miring atau ambruk” akibat gempa ini. Sekitar 15 bangunan yang roboh berada di distrik Hualien menurut CEOC.

Baca Juga :  Polisi Tetapkan 5 Tersangka Kasus Pengiriman Ratusan Anjing Ilegal

CEOC juga mengonfirmasi bahwa ada orang-orang yang terperangkap di dalam tujuh bangunan yang roboh. Namun, detail jumlah orang yang terperangkap tidak disebutkan dengan jelas.

Beberapa video di media sosial menunjukkan operasi penyelamatan anak-anak dari bangunan yang roboh.

Salah satu bangunan lima lantai di Hualien, yang terlihat dalam video yang beredar, mengalami kerusakan parah dengan lantai pertama roboh dan mayoritas bangunan miring pada sudut 45 derajat. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================