Sejumlah Gedung Ambruk di Taiwan, Imbas Gempa Bumi Berkekuatan 7,5

gempa bumi
Bangunan runtuh akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,5 yang mengguncang Taipei, Taiwan pada Rabu (3/4/2024). Dok Yahoo News!

TIMETODAY.ID – Pada hari Rabu (3/4/2024), Taiwan mengalami gempa bumi terkuat dalam 25 tahun terakhir, yang menyebabkan gedung-gedung ambruk, pemadaman listrik, dan longsor di beberapa area. Selain itu, gempa ini juga memicu peringatan tsunami di Jepang dan Filipina.

Menurut laporan Bloomberg, gempa Taiwan hari ini memiliki kekuatan magnitudo 7,4 dan terjadi pada pukul 07.58 pagi waktu setempat.

Badan Survei Geologi AS mencatat pusat gempa berada 18 kilometer dari Hualien City. Badan Cuaca Pusat Taiwan mencatat kekuatan gempa tersebut sebesar 7,2 skala Richter.

Advertisement

Otoritas cuaca Taiwan menyatakan dalam konferensi pers bahwa gempa ini merupakan yang terkuat sejak tahun 1999, saat terjadi gempa dengan jumlah korban lebih dari 2.000 jiwa.

Baca Juga :  JA Yakin Pj Bupati Bogor Mampu Entaskan Polemik Jalur Tambang Parungpanjang

Sementara itu, melansir The Guardian, sebuah gedung berlantai lima di Hualien mengalami kerusakan parah, dengan lantai pertama runtuh dan bagian lainnya condong pada sudut 45 derajat.

Di Taipei, beberapa gedung tua mengalami kerusakan atap dan ubin, sementara di kompleks perkantoran baru juga terjadi kerusakan.

Sebuah video yang diunggah oleh akun @OSINTdefender (sebelumnya Twitter) menunjukkan gedung yang ambruk di Hualien, daerah Pesisir Timur Taiwan.

Wu Chien-fu, kepala biro pemantauan gempa Taiwan, menyatakan bahwa dampak gempa ini terasa hingga ke pulau Kinmen yang merupakan bagian dari Taiwan di lepas pantai China.

Beberapa gempa susulan juga dirasakan di Taipei satu jam setelah gempa utama terjadi. Awalnya, media Jepang memperkirakan adanya gelombang tsunami setinggi tiga meter di beberapa wilayah di prefektur Okinawa yang berjarak sekitar 1.600 km dari Tokyo.

Baca Juga :  Prakiraan Cuaca Bogor, Sabtu 30 Maret 2024

Namun, estimasi ini kemudian direvisi dengan kemungkinan gelombang mencapai satu meter di sekitar Okinawa.

NHK melaporkan adanya tsunami awal setinggi 30 cm yang mencapai pantai Yonaguni, sebuah pulau terpencil yang hanya berjarak 110 km dari Taiwan, dan memperingatkan bahwa gelombang yang lebih besar dapat menyusul. Gelombang setinggi 20 cm kemudian juga diamati di pulau Ishigaki dan Miyakojima. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================