Bogor Kembali Diguncang Gempa, Getaran Dirasakan hingga Pamijahan

Gempa bumi
Ilustrasi.

TIMETODAY.ID – Bogor, Jawa Barat dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik dengan kekuatan magnitudo 3,0, Jumat (29/3/2024) sekitar pukul 21:22 WIB.

Badan Meteorologi, klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut episenter terletak pada koordinat 6.73 LS dan 106.63 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 23 km Barat Daya Kota Bogor pada kedalaman 4 kilometer.

Kepala BMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto, mengungkapkan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif wilayah setempat.

Advertisement
Baca Juga :  Kapan Lebaran Iduladha 2024, Berikut Penjelasan BMKG, BRIN dan Muhammadiyah

“Berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Kalapanunggal, Pamijahan dengan Skala Intensitas II – III MMI,” ungkap Hartanto.

Hingga kini, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

Baca Juga :  Bogor Kembali Diguncang Gempa, Kamis 14 Desember 2023

Namun demikian, Hartanto mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi seperti Instagram atau Twitter @bmkgwilayah2 atau @infoBMKG),” tuntasnya. ***

=========================================================