Hujan Deras, Bogor Dikepung Bencana Longsor dan Banjir

Hujan deras
Hujan deras di Kota Bogor mengakibatkan tanah longsor di beberapa lokasi.

TIMETODAY.IDHujan deras di Kota Bogor mengakibatkan tanah longsor di beberapa lokasi, yaitu Lebak Kantin dan Ciparigi Kota Bogor pada Minggu (23/3/2024) malam. Di Ciparigi, seorang warga berhasil diselamatkan meski sempat tertimbun material longsoran.

Di daerah Ciparigi, longsor menimpa dua rumah, namun satu korban yang tertimbun berhasil diselamatkan, sedangkan di Kampung Lebak Kantin dilaporkan ada dua korban yang tertimbun.

Dalam rekaman video yang beredar, terlihat proses evakuasi terhadap Sigit (42), korban longsor di Kampung Ciparigi RT 01/09 Kelurahan Ciparigi, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. Korban yang terkena dampak longsor di rumahnya berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan bersama warga.

Advertisement
Baca Juga :  Solok Diterjang Banjir Bandang dan Longsor, 6 Jembatan Terdampak

Ketua RT 01, Entong, mengungkapkan bahwa longsor terjadi di wilayahnya saat hujan deras melanda Bogor sekitar pukul 19.00 WIB.

“Saar hujan tadi, tiba-tiba terjadi longsor, tebing setinggi 25 meter runtuh menimpa rumah Sigit,” kata Entong.

Beruntungnya, korban yang berada di dalam rumah saat kejadian tidak tertimbun sepenuhnya. Korban hanya tertimbun sampai pinggang sehingga dapat dikenali oleh warga dan petugas saat proses evakuasi.

Selain menimpa satu korban, longsor juga mengakibatkan dua rumah di area tersebut mengalami kerusakan parah. Sebagian besar bagian rumah hancur tertimpa material longsoran.

Komandan Reguler SAR BPBD Kota Bogor, Ruli Sinambela, mengungkapkan bahwa selain longsor di Ciparigi, hujan deras juga menyebabkan banjir di beberapa lokasi lainnya, seperti di Kampung Ciparigi, kejadian serupa juga terjadi di Kampung Lebak Kantin, Kecamatan Bogor Tengah. Sementara itu, banjir melanda daerah Pacilong, Tanah Baru, dan Kelurahan Tegalega.

Baca Juga :  Perumda Tirta Pakuan Bogor Lakukan Normalisasi Sungai Usai Terimbun Tanah Longsor

“Hujan yang sangat deras menyebabkan berbagai kejadian ekstrem, tidak hanya longsor di sini tetapi juga bencana banjir dan tanah longsor di beberapa titik lainnya,” ungkap Ruli.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================