Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto Minta Pemkab Bogor Sinergi dengan Akademisi dan Ahli Bidang Pertanian

DPRD

TIMETODAY.ID – Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto meminta pemerintah kabupaten (Pemkab) Bogor membangun sinergi dengan akademisi atau ahli, dan praktisi bidang pertanian.

Hal itu sebagai tanggapan Rudy Susmanto menanggapi pernyataan Pj Bupati Bogor beberapa waktu lalu soal menurunnya produktivitas pertanian di Bogor selama 10 tahun terakhir.

“Kita memang harus membangun desain pertanian kita sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini sambil jaga keseimbangan lingkungan,” kata Rudy Susmanto, Kamis (21/3/2024).

Advertisement

Selain menjaga alih fungsi lahan pertanian, kata Rudy Susmanto, Pemkab Bogor harus memajukan sektor pertanian.

Baca Juga :  Ketua DPRD Rudy Susmanto Ajak Masyarakat Sambut Ramadhan dengan Suka Cita

Dengan teknologi tepat guna, baik dari segi mesin, pengendalian hama penyakit sampai panen dan pasca panen.

Karena itu, kata Rudy Susmanto, diperlukan keterlibatan para ahli diperlukan untuk mengedukasi petani.

“Pertanian kita harus dimodernisasi, teknologinya, perlakuan atau cara perawatan dan budidayanya,” terang Rudy Susmanto.

“Faktor yang mendukung pertanian modern adalah Sumber Daya Manusia (SDM), benih berkualitas tinggi, hasil pertanian yang berkualitas, serta mekanisasi berteknologi tinggi,” imbuhnya.

Rudy Susmanto mengakui jika pemerintah telah menjalankan peranan memajukan pertanian modern. Namun, berkaca pada data-data statistik upaya ini perlu diintensifkan lagi.

Baca Juga :  Jaga Kenyamanan Wisatawan, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Minta Pemkab Bogor Berantas Pungli di Kawasan Wisata

Sebelumnya, Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu menyampaikan bahwa produktivitas pertanian di Kabupaten Bogor Bogor menurun dalam 10 tahun terakhir.

“Kondisi pertanian hari ini tadi dari evaluasi BPS (Badan Pusat Statistik) bahwa memang secara PDRB kita naik meningkat tetapi dari sisi produktivitas kita turun ini,” papar Asmawa. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================