Link, Lokasi serta Cara Penukaran Uang Baru untuk Hari Raya Idul Fitri 2024

uang baru
Ilustrasi/freepik.com

TIMETODAY.ID – Masyarakat Indonesia yang berencana menukarkan uang baru selama bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri tahun 2024, perlu mengetahui lokasi-lokasi penukaran yang disediakan oleh Bank Indonesia (BI).

Ada sebanyak 4.713 titik penukaran uang yang tersedia selama bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri tahun 2024. Kegiatan ini didukung oleh bank-bank nasional di Indonesia.

Marlison Hakim, Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI, menyatakan komitmennya untuk memenuhi kebutuhan uang di perbankan. Uang tersebut akan disalurkan hingga ke daerah-daerah di Indonesia.

Advertisement

“Kami berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan uang perbankan hingga level daerah. Bank-bank akan menyediakan layanan penukaran di sebanyak 4.264 titik untuk melayani masyarakat,” kata Marlison dalam acara Kick Off Serambi Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri 2024.

Program ini diikuti oleh 16 bank, antara lain Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN, BCA, BSI, Bank DKI, CIMB Niaga, Maybank, Bank Muamalat, OCBC NISP, Bank Mega, Bank Sinarmas, Bank Danamon, BJB, dan Bank Permata.

Baca Juga :  Lomba Kreasi Menggunakan Kaleng Susu

BI akan menyediakan layanan penukaran melalui 449 titik, yang informasinya dapat dilihat di website resmi BI www.pintar.bi.go.id. Selain itu, penukaran uang juga akan dilakukan melalui mobil Kas Keliling (Kaskel) di tempat-tempat ramai seperti ritel dan pasar.

Selain itu, layanan penukaran uang juga akan dilakukan di sepanjang sungai, khususnya di wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Kalimantan Utara, dan Sumatera Selatan, untuk mencakup masyarakat yang membutuhkan penukaran uang.

“Kami juga melakukan penukaran di titik-titik arus mudik, terutama di jalan tol ruas Jawa, Lampung, Sumatera, dan Medan. Di Jawa, kami akan buka titik penukaran di km 57 mulai tanggal 2-5 April 2024.”

Baca Juga :  Harga Ayam Potong dan Telur di Bogor Terpantau Naik Jelang Ramadan

Masyarakat dapat memperoleh informasi lebih lanjut mengenai titik dan waktu layanan penukaran melalui aplikasi PINTAR. Mereka dapat menukarkan uang langsung pada kas keliling BI selama kuota masih tersedia.

Berikut Lokasi Penukaran Uang Baru Lebaran 2024

  1. Pasar Senen
  2. Pasar Pramuka
  3. Pasar Rawa Bening
  4. Pasar Koja
  5. Kas Keliling (Kaskel) Kepulauan Seribu
  6. Pasar Palmerah
  7. Pasar Tebet Barat
  8. Pasar Kramat Jati
  9. Pasar Kopro
  10. Pasar Rawa Bening
  11. Pasar Slipi
  12. KasKel Karawang
  13. KasKel Terpadu Istora Senayan.

Demikian informasi mengenai link dan lokasi penukaran uang baru untuk Lebaran 2024. Semoga bermanfaat.  ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================