Mengenal Tradisi Cucurak, Makan-makan Jelang Ramadan di Bogor

Ramadan
Foto : Dokumentasi timetoday.id

TIMETODAY.ID –  Bulan Ramadan merupakan momen yang dinantikan oleh seluruh umat Muslim. Antusiasme dalam menyambut bulan suci tersebut tercermin melalui perayaan atau tradisi yang dilakukan masyarakat menjelang ibadah puasa.

Di Bogor, Jawa Barat, tradisi Cucurak menjadi bagian tak terpisahkan dari persiapan menyambut Ramadan. Tradisi ini telah diwariskan secara turun-temurun oleh masyarakat setempat hingga saat ini.

Baca Juga :  Selama Ramadan 1445 H/2024, Perumda Tirta Pakuan Bebaskan Tagihan Air Bagi Masjid dan Musala

Cucurak atau curak-curak (dalam bahasa Sunda) bermakna kesenangan atau kebahagiaan. Dalam pelaksanaannya, cucurak melibatkan berkumpul bersama keluarga besar atau rekan-rekan.

Advertisement

Salah satu hal yang membuat tradisi cucurak menjadi lebih menyenangkan adalah adanya hidangan sederhana seperti nasi liwet, tahu, tempe, ikan asin, serta lalapan dan sambal yang disajikan di atas daun pisang.

Makanan tersebut kemudian dinikmati bersama-sama dalam suasana yang santai. Bagi masyarakat Sunda, cucurak bukan hanya sekadar pertemuan sosial dan bersantap bersama, tetapi juga memiliki makna dalam menjaga hubungan silaturahim serta mengajarkan pentingnya bersyukur atas rezeki yang diberikan dan semangat berbagi. ***

Baca Juga :  Kolang Kaling Laris Manis Saat Ramadan

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================