Ada Libur Panjang awal Ramadan, Catat Tanggalnya!

Ramadan
Ilustrasi.

TIMETODAY.IDRamadan akan segera tiba, dengan bulan puasa umat Islam dijadwalkan mulai pertengahan Maret 2024 atau tinggal beberapa hari lagi. Tanggal pastinya akan ditetapkan setelah Kementerian Agama menggelar sidang isbat.

Perlu dicatat bahwa meskipun awal Ramadan akan ditetapkan oleh pemerintah, terdapat perbedaan dalam penentuan tanggal awal Ramadan antara dua organisasi Islam terbesar di Indonesia, yaitu Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU), karena mereka menggunakan metode penetapan awal bulan yang sedikit berbeda.

Oleh karena itu, kadang-kadang tanggal awal Ramadan dari kedua organisasi tersebut bisa bersamaan, namun seringkali terdapat perbedaan hari. Berikut adalah tanggal awal Ramadan untuk tahun 2024 atau 1445 Hijriyah:

Advertisement

Versi Muhammadiyah

Menurut Muhammadiyah, tanggal 1 Ramadan 1445 H jatuh pada 11 Maret 2024. Ini berarti shalat tarawih pertama akan dilaksanakan pada 10 Maret 2024.

Baca Juga :  Sore Ini PWI Kota Bogor Bakal Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim dan Balon Wali Kota

Penetapan ini diumumkan dalam Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah tentang Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1445 Hijriyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2024 yang ditandatangani oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti. PP Muhammadiyah menggunakan metode hisab hakiki wujudul hilal untuk menetapkan permulaan bulan Hijriah.

Versi NU dan Pemerintah

Sementara itu, tanggal 1 Ramadan 1445 H versi Nahdlatul Ulama (NU) dan pemerintah akan ditetapkan melalui sidang isbat yang akan diadakan pada akhir Syaban.

Berbeda dengan Muhammadiyah, pemerintah dan NU menggunakan metode rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan. Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan 1445 Hijriah akan dilaksanakan pada 10 Maret 2024.

Baca Juga :  Link Jadwal Imsakiyah, Salat serta Buka Puasa Ramadan 2024

Meskipun demikian, berdasarkan kalender Hijriah Indonesia 2024 yang diterbitkan oleh Kementerian Agama, awal Ramadhan 2024 versi pemerintah dan NU diperkirakan jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024.

Libur panjang awal Ramadan

Awal Ramadan tahun ini bertepatan dengan sejumlah hari libur yang telah ditetapkan pemerintah.

Meskipun hari awal puasa bukanlah hari libur nasional atau cuti bersama, tanggal 11 Maret merupakan hari libur nasional karena Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946.

Tidak hanya itu, tanggal 12 Maret merupakan cuti bersama Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946, sehingga terdapat libur panjang. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================