Gedung Indosat Ooredoo Terbakar, Layanan Internet Sempat Tak Beroperasi

gedung Indosat Ooredoo
Ilustrasi.

TIMETODAY.ID – PT Indosat Tbk. (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison mengumumkan terjadinya insiden kebakaran di gedung Indosat Ooredoo di Jati Luhur pada Sabtu, 2 Maret 2023.

Kejadian tersebut menyebabkan gangguan layanan internet bagi sebagian pelanggan IM3, terutama di wilayah Jabotabek dan Jawa Barat.

“Kami meminta maaf atas gangguan jaringan yang terjadi. Kami sedang berupaya keras untuk menangani gangguan tersebut dengan cepat dan akan segera memberikan informasi lebih lanjut,” kata Head of Corporate Communications ISAT, Steve Saerang, dalam pernyataan tertulis.

Advertisement

Meskipun begitu, beberapa jam kemudian, tim Indosat mengonfirmasi bahwa layanan internet IM3 telah pulih sepenuhnya.

“Kami ingin memberitahukan bahwa gangguan layanan internet yang dialami oleh sebagian pelanggan IM3, terutama di wilayah Jabotabek dan Jawa Barat pada malam Sabtu, 2 Maret, telah berhasil ditangani dengan cepat dan layanan internet IM3 kembali normal sepenuhnya,” tambah Steve.

Baca Juga :  Bikin Resah Pengendara, Bawaslu Tertibkan APK di Jalan Sholeh Iskandar Bogor

Sebelumnya, Indosat juga telah mengumumkan kebakaran di gedung pemancar Indosat di Semarang kepada Bursa Efek Indonesia (BEI).

Dalam laporan kepada BEI, ISAT menjelaskan bahwa kebakaran terjadi di ruang baterai yang menyediakan pasokan daya cadangan untuk peralatan di Gedung Pemancar.

Manajemen ISAT mengungkapkan bahwa kebakaran tersebut telah berdampak pada operasional dan pelanggan Indosat, seperti kendala jaringan yang dialami oleh sebagian pelanggan IM3 dan Tri di sebagian wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta sejak 1 Januari 2024 pukul 09.45 WIB.

“Layanan telah kembali normal sejak 1 Januari 2024 pukul 11.50 WIB,” tulis manajemen ISAT, dikutip pada Kamis, 4 Januari 2024. Area yang terdampak gangguan sinyal tersebut adalah sebagian wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Baca Juga :  Simak Prakiraan Cuaca Bogor, 7 April 2024

ISAT juga menjelaskan langkah-langkah yang telah dan akan diambil. Selain bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk penyelidikan, ISAT segera mengambil tindakan pemulihan dan penjaminan layanan.

Perusahaan juga melibatkan penyidik kebakaran bersertifikat independen untuk merekomendasikan langkah-langkah lebih lanjut terkait tindakan pencegahan dan korektif guna melindungi peralatan dan personel.

Pada Selasa, 2 Januari 2024, ISAT secara bertahap memberikan kuota data IM3 dan Tri sebesar 1 GB yang berlaku selama 24 jam sesuai dengan notifikasi yang diterima oleh pelanggan yang terdampak.

ISAT juga telah mengimbau pelanggan yang masih mengalami kendala untuk menghubungi pusat layanan pelanggan IM3 dan Tri agar segera dibantu oleh tim Layanan Pelanggan. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================