Perumda PPJ Siapkan Tempat Relokasi Pedagang Jelang Revitalisasi Pasar Bogor

Perumda PPJ
Potret Plaza Bogor di Jalan Suryakencana dan Jalan Roda, Kota Bogor. Foto: Dok Pemkot Bogor.

TIMETODAY.ID – Plt Direktur Utama Perumda PPJ (Pasar Pakuan Jaya) Kota Bogor, Agustian Syach menginformasikan kepada para pedagang mengenai rencana revitalisasi Pasar Bogor.

Informasi itu ia sampaikan dalam pertemuan yang dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Bogor dan Komisi II DPRD Kota Bogor.

Rencana revitalisasi tersebut termasuk merelokasi pedagang Pasar Bogor ke Pasar Jambu Dua dan Pasar Sukasari.

Advertisement

Agustian Syach mengatakan langkah ini diambil untuk menciptakan New Plaza Bogor, yang akan menjadi pusat kuliner, pusat UMKM, dan gedung parkir.

New Plaza Bogor akan mengintegrasikan bangunan Plaza Bogor dan Pasar Bogor yang dijadwalkan akan dibongkar akhir tahun ini.

Baca Juga :  Menparekraf Sandiaga Uno “Sentil” Kadisbudpar Kabupaten Bogor, Ini Penyebabnya

“Tujuan dari konsep baru ini adalah menggeser pasar dari pusat Kota Bogor bukan menggusur,” kata Agustian Syach, Selasa (27/2/2024).

Sebagai bagian dari rencana ini, sebuah gedung parkir akan dibangun untuk mengakomodasi kendaraan para wisatawan yang berkunjung ke Kebun Raya Bogor, area Suryakencana dan tempat-tempat wisata lainnya di pusat kota.

Agustian Syach mengatakan bahwa pihaknya sedang mempersiapkan lokasi yang lebih cocok dan strategis untuk para pedagang.

“Kita memindahkan mereka ke tempat yang sesuai dengan tata ruang Kota dan lebih memanusiakan para pedagang,” ujarnya.

Baca Juga :  Ketua DPRD Rudy Susmanto Salurkan Bantuan Alat Pengolahan Sampah Kepada Warga Kampung Cibedug Girang

Pasar Bogor yang akan dipindahkan sedang dipersiapkan untuk memastikan kenyamanan, ketertiban dan keindahan tanpa merugikan pedagang.

Plt Dirut Perumda PPJ juga menegaskan bahwa penetapan harga pemindahan dapat didiskusikan kembali dengan para pedagang yang mungkin menjadi kendala.

Skema ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas ruang publik di pusat kota, menciptakan tempat yang lebih bersih dan menyenangkan bagi warga, serta memberikan kesempatan yang lebih baik bagi para pedagang. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================