Jelang Perayaan Imlek dan Cap Go Meh, Perajin Liong dan Barongsai di Bogor Kebanjiran Pesanan

Imlek
Pekerja menyelesaikan pesanan Liong untuk perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh di bengkel milik Lili Hambali di Kelurahan Babakan Pasar, Kota Bogor, Jawa Barat. Foto : timetoday.id

TIMETODAY.ID –  Mendekati perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh, permintaan pembuatan Liong dan Barongsai di Bogor, Jawa Barat, mengalami lonjakan. Pesanan tidak hanya berasal dari berbagai daerah di Indonesia, tetapi juga dari mancanegara.

Bengkel yang dimiliki Lili Hambali di Kelurahan Babakan Pasar, Kota Bogor, terlihat sibuk mempersiapkan produksi Liong dan Barongsai menjelang perayaan tersebut, yang akan dirayakan pada bulan Februari mendatang.

Industri rumahan ini telah menerima setidaknya ratusan pesanan yang akan didistribusikan ke wilayah Jabodetabek, Medan, Padang, Palembang, Pontianak, Makassar, dan bahkan hingga pasar Internasional.

Advertisement
Baca Juga :  Deretan Peringatan yang Dirayakan Setiap 1 April, Cek Selengkapnya!

Lili mengungkapkan bahwa permintaan pesanan telah meningkat secara signifikan mendekati perayaan Imlek, bahkan sejak bulan Oktober sudah ada pelanggan yang melakukan pemesanan.

“Mendekati perayaan Imlek, permintaan pesanan mengalami peningkatan. Bahkan, sejak bulan Oktober 2023, sudah ada pelanggan yang memesan,” kata Lili saat ditemui timetoday.id beberapa waktu lalu.

Proses pembuatan Liong dan Barongsai Lili melibatkan lima karyawan dan membutuhkan waktu satu minggu untuk satu unit. Lili Hambali menegaskan bahwa kualitas produknya tidak diragukan.

Harga satu set Barongsai yang ditawarkan oleh Lili Hambali berkisar antara enam juta setengah hingga delapan juta rupiah.  Menurutnya, harga tersebut sebanding dengan kualitas bahan baku yang digunakan.

Baca Juga :  Sekda Ajak Pelaku Usaha di Bogor Berkolaborasi Turunkan Angka Stunting

Lili menjelaskan bahwa Barongsai menggunakan rangka rotan, sementara bulunya terbuat dari bulu domba. Sebagian besar mata Barongsai diimpor langsung dari Tiongkok. Sementara pada Liong, yang diimpor hanyalah bagian mata.

Selain untuk perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh, Lili juga melayani pesanan Liong dan Barongsai untuk keperluan perlombaan dan kegiatan olahraga. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp TIMETODAY WA CHANNEL

=========================================================