Bakal Dijadikan Park and Ride, Terminal Bubulak Mulai Ditata Pemkot Bogor

Terminal Bubulak
Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim didampingi Kadis PUPR dan Kadishub Kota Bogor meninjau pengaspalan Terminal Bubulak, Sabtu ( (20/1/2024).

TIMETODAY.ID – Pemerintah Kota Bogor, melalui Dinas PUPR dan Dishub, telah memulai proyek pembangunan fisik di Terminal Bubulak yang terletak di Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat. Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya penataan terminal tipe C tersebut.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim, mengawasi proses pengaspalan di Terminal Bubulak. Pengaspalan ini dilakukan sambil menunggu pengadaan alat berat bernama Cold Mailing, yang diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pengerjaan.

“Awalnya, Pemkot Bogor berencana untuk mengatasi seluruh Terminal Bubulak, mulai dari pembenahan aspal. Kita pertama-tama harus memperoleh alat yang diperlukan, yaitu Cold Mailing. Alat ini akan digunakan untuk pemeliharaan aspal yang luas,” kata Dedie.

Advertisement
Baca Juga :  PACARAN ITU PINTU MENUJU PERZINAHAN

Menurut Dedie, Terminal Bubulak memiliki luas 1,1 hektar, sehingga pengaspalan dengan alat konvensional atau sederhana tidak memungkinkan. Alat tersebut diharapkan tiba pada bulan Maret mendatang.

Dedie menyebut bahwa rencana tersebut sudah direncanakan sebelumnya, namun terdapat refocusing anggaran dan pemotongan anggaran di tahun ini. Meskipun begitu, Pemkot Bogor akan tetap berusaha menyelesaikan proyek ini.

Setelah pengaspalan dan penataan lainnya, Dedie menyatakan bahwa Pemkot akan mengoptimalkan lahan Terminal Bubulak, yang berlokasi di lintasan yang strategis. Terminal ini direncanakan sebagai park and ride dalam RTRW, dan mungkin akan dikelola melalui skema BOT (Build, Operate, Transfer) oleh pihak ketiga.

Baca Juga :  RSUD Leuwiliang Berikan Edukasi Spirit Sejalan

Dedie menegaskan bahwa fungsi dasar terminal sebagai terminal tipe C yang dikelola oleh Pemkot Bogor tetap akan dipertahankan. Ke depannya, terminal ini akan didukung oleh berbagai fasilitas komersial lainnya.

Sementara itu, Kepala Dishub Kota Bogor, Marse Hendra Saputra, menambahkan bahwa Terminal Bubulak telah memiliki FS dan DED dalam perencanaannya. Pengelolaannya dapat dilakukan melalui skema kerjasama atau BOT dengan pihak swasta, mengingat anggaran yang cukup besar diperlukan untuk penataan kawasan ini, berkisar antara Rp 80-100 miliar. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp TIMETODAY WA CHANNEL

=========================================================