Jaga Kenyamanan Wisatawan, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Minta Pemkab Bogor Berantas Pungli di Kawasan Wisata

DPRD
Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto

TIMETODAY.ID – Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mendukung langkah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor untuk mengatasi pungutan liar atau pungli di kawasan wisata.

Rudy menyampaikan, sebagai tujuan wisata, Kabupaten Bogor memang seharusnya jadi tuan rumah yang ramah dan bisa memberi pengalaman positif kepada para pengunjung.

Sehingga, Rudy berharap adanya pemberantasan pungli di kawasan wisata di Kabupaten Bogor dengan langkah persuasif.

Advertisement

Di sisi lain, bisa memberikan peluang usaha kepada masyarakat sekitar kawasan wisata.

“Kita harus menjaga keramahan dan memberikan kesempatan kepada masyarakat sekitar untuk mendapatkan manfaat dari keberadaan objek wisata di wilayahnya,” kata Rudy Susmanto, pada Selasa 23 Januari 2024.

Baca Juga :  Optimalkan Penanganan Infrastuktur, Pemkab Bogor Perkuat Sinergi Dengan Dinas Bina Marga Provinsi Jabar  

Rudy juga berharap pemerintah membangun infrastruktur jalur wisata sehingga infrastruktur yang layak dilalui bisa mendorong pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat setempat.

“Intinya, kami mendukung upaya pembenahan sektor wisata kita. Infrastrukturnya harus kita perbaiki, dan kesadaran masyarakat untuk menjadi tuan rumah yang ramah harus terus dibangun,” jelasnya.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor sebelumnya mengatakan bahwa pihaknya akan membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di seluruh kawasan wisata di Kabupaten Bogor.

Baca Juga :  Pembangunan Hotel Sayaga Wisata Digeber

Yudi Santosa, selaku Kepala Disbudpar, mengungkapkan bahwa pembentukan Pokdarwis bertujuan menghilangkan praktik pungutan liar (pungli) yang marak terjadi.

“Pokdarwis akan dioptimalkan, saat ini tidak semua tempat ada Pokdarwisnya,” tutur Yudi. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp TIMETODAY WA CHANNEL

=========================================================