Tahun Baru Imlek 2024 Tanggal Berapa, Apa Libur Nasional?

Tahun Baru Imlek
Ilustrasi Barongsai. Foto : freepik.com

TIMETODAY.IDTahun Baru Imlek adalah momen yang istimewa dan ditunggu-tunggu oleh masyarakat Tionghoa. Lantas, Imlek 2024 tanggal berapa?

Imlek merupakan perayaan tahun baru dalam sistem penanggalan China atau biasa juga disebut dengan kalender Lunar.

Berbeda dengan kalender Masehi, perhitungan kalender Lunar didasarkan pada siklus Bulan dan Mataharisehingga ketetapan tanggal Imlek sedikit berbeda dari tahun ke tahun.

Advertisement

Setiap tahun dalam kalender Lunar diwakili oleh salah satu dari 12 zodiak hewan, yakni anjing, babi/babi hutan, tikus, lembu, harimau, kelinci, naga, ular, kuda, domba, monyet, dan ayam jago. Setiap tahun pula setiap zodiak ini memiliki elemen yang mengikutinya.

Nah untuk mengetahui Tahun Baru Imlek 2024 berdasarkan kalender Masehi beserta shio dan elemennya, simak informasi lengkapnya berikut ini.

Baca Juga :  Mengenal Komunitas Balance Bike Bogor

Imlek 2024 Tanggal Berapa?

Berdasarkan SKB 3 Menteri terkait Libur Nasional dan Cuti Bersama 2024, Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili akan jatuh pada 10 Februari 2024.

Sehingga malam Tahun Baru Imlek akan berlangsung pada 9 Februari 2024 malam.

Dilansir dari situs China Highlights, penaggalan Tahun Baru Imlek ini ditentukan dalam kalender Lunar Tiongkok yang didasarkan pada siklus Bulan dan Matahari. Pada umumnya, tanggal Tahun Baru Imlek tertinggal 21-51 hari dari kalender Gregorian atau kalender Masehi yang digunakan secara internasional.

Tahun Baru Imlek jatuh pada tanggal yang berbeda setiap tahunnya. Kendati demikian, Tahun Baru Imlek selalu jatuh antara tanggal 21 Januari hingga 20 Februari.

Libur Imlek 2024

Berdasarkan SKB 3 Menteri terdapat Libur Nasional dan Cuti Bersama Imlek yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Berikut rincian daftar tanggal merah Imlek 2024:

  • Cuti Bersama: Jumat, 9 Februari 2024
  • Libur Nasional: Sabtu, 10 Februari 2024
Baca Juga :  Resep Membuat Tumis Tofu dan Sawi Putih

Shio Tahun 2024 dan Elemennya

Tahun Baru Imlek 2024 merupakan tahun kelahiran shio Naga. Tahun ini, shio Naga didampingi oleh elemen kayu.

Menurut astrologi China ada beberapa shio yang beruntung di tahun ini. Namun, ada pula shio yang berpotensi dirundung kesialan. Penasaran dengan ramalan lengkap di tahun Naga Kayu ini? Berikut ini ramalan shio di tahun Naga Kayu: Ramalan Zodiak Naga.

Nah, itulah informasi lengkap terkait Imlek 2024 tanggal berapa beserta shio dan elemennya. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp TIMETODAY WA CHANNEL

=========================================================