Tips Memilih Jas Hujan yang Nyaman dan Aman

jas hujan
Ilustrasi/freepik.com.

TIMETODAY.ID – Hujan semakin sering turun di wilayah Indonesia, sehingga bagi pengendara motor yang suka berkendara di musim hujan, membawa jas hujan menjadi suatu keharusan.

Pemotor perlu selektif dalam memilih jas hujan yang sesuai dengan kebutuhan agar dapat menghindari potensi kecelakaan di jalan.

Penggunaan jas hujan memungkinkan kelangsungan aktivitas berkendara meskipun cuaca tidak bersahabat. Oleh karena itu, penting untuk memahami cara memilih jas hujan dengan bijak.

Advertisement

Salah satu pilihan yang aman adalah jas hujan two piece, yang terdiri dari atasan dan bawahan. Jenis ini melibatkan penutupan seluruh bagian tubuh pengendara sepeda motor, memberikan keamanan dan kenyamanan ekstra karena bodinya sesuai dengan bentuk tubuh.

Baca Juga :  Cek Biaya, Syarat hingga Lokasi SIM Keliling Bogor, Kamis 4 Januari 2024

Biasanya, jas hujan ini dilengkapi dengan fitur keselamatan seperti garis scotlight yang dapat menyala saat kondisi gelap atau malam hari.

Hal ini membantu dalam memudahkan pengendara di belakang atau pengguna jalan lainnya untuk melihat motor.

Sebaliknya, jas hujan ponco memiliki bentuk seperti jubah dengan ciri khas pada bagian samping yang tidak tertutup dan ukurannya yang relatif besar, memberikan ruang gerak yang lebih luas bagi pengendara.

Baca Juga :  Jadwal dan Lokasi Layanan SIM Keliling Kota Bogor, Senin 3 Juni 2024

Meskipun demikian, jenis ini kurang direkomendasikan karena posisi badan yang tidak tertutup dapat membahayakan pengendara yang berada di belakangnya, terutama saat terjadi hembusan angin.

Selain itu, terdapat risiko lain, seperti kemungkinan jas hujan ponco tersangkut di bagian rantai motor, yang dapat menyebabkan kecelakaan, seperti yang diungkapkan oleh keterangan dari Honda. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp TIMETODAY WA CHANNEL

=========================================================